Find Us On Social Media :

'Rahasia' Pesawat Siluman Pertama F-117 Nighthawk Diungkap, Meski Banyak Kelemahan dan Telah Dipensiunkan, Mengapa Digunakan AS Lagi?

By Tatik Ariyani, Jumat, 3 Desember 2021 | 13:52 WIB

Lockheed F-117 Nighthawk

Intisari-Online.comF-117 Nighthawk Amerika merupakan pesawat siluman operasional pertama di dunia.

Desain unik F-117 Nighthawk telah dibahas dan dibedah oleh para analis kedirgantaraan selama bertahun-tahun.

Sebuah laporan baru-baru ini oleh blog GE (General Electric) menjelaskan fitur-fitur Nighthawk dan mengatakan bahwa pesawat itu terlihat kurang kuat jika dilihat bersama pesawat tempur canggih Amerika lainnya.

Tidak ada afterburner di pesawat. Tanpa bantuan komputer onboard, pesawat tidak stabil pada ketiga sumbu penerbangan.

Baca Juga: Bak Ingin Bikin Taiwan Makin 'Gemetar', China Pamer Pesawat Anti Kapal Selam Y-8Q, Memangnya Apa Kehebatannya?

Tidak ada permukaan melengkung dan bahkan muatannya terbatas untuk pesawat yang dirancang khusus untuk misi pengeboman.

Terlepas dari kekurangan ini, laporan yang diterbitkan awal tahun ini oleh General Electric juga mencantumkan aspek positif: pesawat itu praktis tidak terlihat oleh radar musuh, melansir The EurAsian Times, Kamis (2/12/2021).

F-117 Nighthawk adalah pesawat siluman pertama selama era perang dingin dan ditenagai oleh mesin yang sudah ada sebelumnya yang dimodifikasi agar sesuai dengan kebutuhan, menurut pabrikan mesin, General Electric.

Terlepas dari kenyataan bahwa AS memiliki keunggulan teknologi atas lawan-lawannya selama periode Perang Dingin, wilayah udara yang diperebutkan merupakan ancaman besar bagi pilot dan pesawat mereka.

Baca Juga: NATO Ketakutan Setengah Mati Setelah Jet Tempur F-35B Inggris Jatuh ke Laut, Yakin Rusia Bakal Lakukan Hal Ini pada Bangkai Pesawat, Pengamat Ungkap Hal Konyol Ini