Find Us On Social Media :

Wilayah Kekuasaanya Padahal Hanya Mencakup Asia Tenggara, Ternyata Majapahit Malah Dikenal Orang Eropa dan Amerika, Sosok Gajah Mada Sampai Disandingkan dengan Napoleon Bonaparte

By Afif Khoirul M, Kamis, 2 Desember 2021 | 08:47 WIB

Kisah Cinta Segitiga di Kerajaan Majapahit

Intisari-online.com - Nama Majapahit sebagai kerajaan terbesar di Indonesia kuno memang dikenal menguasai wilayah Asia Tenggara.

Tak hanya itu saja, kehebatannya dalam menguasai wilayah nusantara membuatnya menjadi kerajaan paling sukses yang pernah ada di Indonesia.

Meski namanya dikenal pernah menguasai Asia Tenggara, ternyata Majapahit juga dikenal dari Eropa hingga Amerika Serikat.

Ini terjadi sekitar tahun 2015-2016, an ketika nama Majapahit mendadak popoler di negeri.

Baca Juga: Corak Benderanya Dikenal hingga Menginspirasi Banyak Negara di Dunia, Benarkan Panji Majapahit Sebenarnya Cikal Bakal Bendera Malaysia, Ini Penjelasannya

Dalam tulisan oleh Benjamin Moseley, Majapahit disebut memiliki pengaruh dan otoritas di sebagian besar Asia Tenggara dari akhir abad ke-13 sampai pertengahan abad ke-16.

Majapahit menyusup ke lelucon dan meme orang-orang Barat.

Setelah mempelajari sejarah Asia Tenggara, beberapa orang Eropa bahkan bertanya tentang sejarah dan budaya pemerintahan Jawa dan pengaruhnya di Indonesia.

"Tentu saja, saya senang bahwa orang-orang menunjukkan minat pada sejarah Asia Tenggara," ujar Benjamin Moseley dalam blognya.

Baca Juga: Kisahkan Orang-orang Sunda yang Maki-maki pada Patih Gajah Mada dan Prabu Hayam Wuruk dari Majapahit yang Ratapi Putri Sunda, Seperti Inilah Isi Kidung Sunda Peninggalan Kerajaan Pajajaran