Find Us On Social Media :

Diberi Gelar 'Dewi Agung dari Tiga Dunia', Inilah Dyah Gitarja, Ratu Majapahit Penakluk Nusantara yang Muncul dalam Game Tingkat Dunia

By Tatik Ariyani, Kamis, 25 November 2021 | 12:00 WIB

Dyah Gitarja, tokoh Majapahit dalam permainan Civilitation - Tribhuwana Tunggadewi Tribhuwana Tunggadewi

Intisari-Online.com - Tahun 2017 lalu, tokoh kesatria wanita asal Indonesia, Dyah Gitarja, muncul dalam game Civilization VI.

Dikutip KompasTekno, kemunculan tokoh wanita Nusantara pada game racikan Firaksis tersebut resmi diumumkan di situs resmi Civilization, Rabu (8/10/2017) lalu.

Dalam game tersebut, Dyah Gitarja akan memimpin kerajaannya, Majapahit menuju puncak kejayaan.

Dyah Gitarja sendiri merupakan kesatria sekaligus ratu yang mengantarkan Majapahit menuju masa kejayaan.

Baca Juga: Gambarkan Kesedihan Hayam Wuruk Saat Hari Ketujuh Kematian Ibundanya, Salah Satu Tarian Peninggalan Kerajaan Majapahit yang Hilang Tanpa Jejak

Namanya pertama kali muncul dalam kitab Nagarakretagama karangan Mpu Prapanca.

Dalam kitab tersebut, Dyah Gitarja disebutkan sebagai putri pertama Raden Wijaya, pendiri kerajaan Majapahit yang naik tahta setelah kematian kakak tirinya, Raja Jayanegara.

Diberi gelar Dewi Agung dari Tiga Dunia, Dyah Gitarja memiliki nama asli dari Tribhuwana Tunggadewi atau Tribhuwana Wijayatunggadewi.

Dyah Gitarja merupakan putri dari Raden Wijaya, pendiri Kerajaan Majapahit, dari istrinya yang bernama Gayatri Rajapatni.

Baca Juga: Jika Gajah Mada yang Seorang Patih Terkenal Bisa Bawa Kejayaan Bagi Majapahit, Raja-raja Majapahit Ini Justru Terkenal Karena Membawa Kemunduran, Siapa Saja Mereka?