Find Us On Social Media :

Dikenal Sebagai Kerajaan Kuno Paling Sukses Taklukkan Nusantara, Siapa Sangka Majapahit Pernah Berjaya Dipimpin Oleh Wanita, Terkuak Wanita Ini Pernah Menjadi Ratu Majapahit

By Afif Khoirul M, Rabu, 24 November 2021 | 15:13 WIB

Gunung Penanggungan, Area Suci Sejak Zaman Pra-Majapahit

Intisari-online.com - Jika biasanya kerajaan selalu dipimpin oleh raja sebagai pemimpin utama dengan ratu sebagi pendampingnya.

Ternyata Majapahit sempat beberapa kali dipimpin oleh seorang ratu dengan raja sebagi pendampingnya.

Tak hanya sekali bahkan ada beberapa wanita yang disebut pernah berkuasa dan memegang takhta tertinggi di Majapahit.

Kisah perempuan perkasa dari Majapahit pertama adalah Gayatri, dia adalah sosok istri Raden Wijaya, pendiri kerajaan Majapahit.

Baca Juga: Sohor Memiliki Perundang-undangan yang Lengkap, Siapa Sangka Majapahit Sudah Punya Pasal Khusus LGBT, Benarkah Diancam Hukuman Mati?

Menurut kitab Nagaraketragama, Dyah Dewi Gayatri Kumara Rajassa adalah putri dari empat orang anak perempuan Kertanegara, Raja Agung Singasari.

Gayatri selamat ketika pemberontakan Jayakatwang dari Kediri, sebelum akhirnya Kediri ditaklukkan oleh Raden Wijaya.

Kemudian ia membawa Gayatri ke Majapahit dan menjadikan istrinya.

Raden Wijaya dan Gayatri membangun Majapahit dari kecil hingga menjadi kerajaan besar, sebelum Raden Wijaya akhirnya meninggal dan digantikan Jayanegara.

Baca Juga: Dipercaya Sebagai ‘Paku Bumi’ Pulau Jawa Agar Tidak Terombang-ambing di Lautan Luas, Punya Makna Sakral bagi Umat Hindu, Inilah Fakta Gunung Semeru yang Termaktub dalam Kitab Peninggalan Majapahit