Find Us On Social Media :

Tercecer Saat Gunung Mahameru dari India Dipindahkan, Akibatkan Jajaran Pegunungan di Pulau Jawa dari Barat ke Timur, Inilah Isi Kitab Tantu Pagelaran, Salah Satu Peninggalan Kerajaan Majapahit

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 23 November 2021 | 16:55 WIB

Pegunungan Semeru, legenda asal mula pulau Jawa dalam Kitab Tantu Pagelaran.

Intisari-Online.comKerajaan Majapahit berkuasa hampir dua abad lamanya dengan menguasai hampir seluruh daerah Nusantara.

Bukti keberadaannya dapat dilihat dari candi-candi peninggalannya, yang terletak di sekitar Jawa Timur, Jawa Tengah, bahkan ada juga  yang di Sumatera Utara.

Tidak hanya candi yang banyak jumlahnya dengan bercorak Hindu atau Buddha, juga terdapat prasasti yang menjelaskan keberadaan kerajaan besar ini.

Selain candi dan prasasti, keberadaan karya sastra pada masa itu juga menjadi bukti keberadaan Kerajaan Majapahit.

Baca Juga: Dimulai dari Raden Wijaya Hingga Puncak Kejayaan pada Masa Pemerintahan Hayam Wuruk dan Berkuasa Hingga Hampir Dua Abad, Inilah Peninggalan Kerajaan Majapahit yang Bisa Jadi Bukti Keberadaannya

Selain Kitab Negara Kertagama, Pararaton, dan Sutasoma yang lebih kita kenal, ada juta Kitab Tantu Pagelaran.

Kitab Tantu Pagelaran atau Tangtu Panggelaran merupakan kitab Jawa Kuno dengan menggunakan bahasa Jawa Kawi yang adalah peninggalan Majapahit sekitar abad ke-15.

Kitab Tantu Pagelaran ini berkisah tentang mitos asal mula pulau Jawa.

Di dalam kitab Tantu Pagelaran ini dikisahkan bahwa Batara Guru atau Shiwa memerintahkan dewa Brahma dan Wishnu untuk mengisi pulau Jawa dengan manusia.

Baca Juga: Masuk dalam Daftar Elite 'Memory of the World', Kitab Nagarakretagama Menyibak Kecerdasan Paripurna Mpu Prapanca Manfaatkan 'Profesi Gandanya' di Majapahit