Find Us On Social Media :

Ketar-Ketir, Malaysia Bongkar Risiko Mengerikan Terkait Kesepakatan Kapal Selam Nuklir Australia, Negara Asia Tenggara Khususnya Malaysia dan Indonesia Disebut Bisa Kena Imbasnya Ini

By Afif Khoirul M, Rabu, 13 Oktober 2021 | 10:08 WIB

(ilustrasi) Kapal selam bertenaga nuklir.

Intisari-online.com - Kesepakatan kapal selam nuklir untuk Australia dinilai akan berdampak pada beberapa negara kawasan Asia Tenggara.

Dalam hal ini Malaysia buka suar terkait skenario terburuk yang mungkin akan dialami negara Asia Tenggara khususnya Malaysia dan Indonesia.

Menurut Chanel News Asia, pada Selasa (12/10/21), Malaysia mengharapkan konsensus yang jelas di antara negara-negara Asia Tenggara.

Mengenai kemitraan keamanan Indo-Pasifik baru antara Australia, Amerika Serikat dan Inggris, kata menteri pertahanannya.

Baca Juga: Tegaskan Kekuatannya di Hadapan AS, China Uji Coba Kapal Tempur Tak Berawak dengan Senjata Canggih Tak Lama Setelah Kapal Selam AS Menabrak Objek Misterius

Aliansi yang dikenal sebagai AUKUS, diumumkan bulan lalu, akan melihat Australia memperoleh teknologi untuk menyebarkan kapal selam bertenaga nuklir.

Ini sebagai bagian dari perjanjian yang dimaksudkan untuk menanggapi pertumbuhan kekuatan China, terutama di Laut China Selatan yang penting secara strategis.

Rencana tersebut telah memecah belah negara-negara di Asia Tenggara, dengan Indonesia dan Malaysia memperingatkan bahwa hal itu dapat menyebabkan perlombaan senjata di antara negara adidaya saingan di kawasan itu.

Sementara negara Asia Tenggara lainnya, seperti Filipina, sekutu pertahanan AS, telah mendukung pakta tersebut .

Baca Juga: Membelot, Anggota Militer AS Ini Ternyata Menjual Rahasia Kapal Selam Nuklir Negara, Ini Motifnya