Find Us On Social Media :

Diburu Amerika, Jerman Malah Beli Spyware Pegasus Israel yang Dijuluki 'Tentara Bayaran Abad Ke-21', Kecanggihannya Sampai Paksa FBI Turun Tangan Menyelidikinya

By Tatik Ariyani, Jumat, 10 September 2021 | 14:41 WIB

(Ilustrasi) Peretasan

Intisari-Online.com - Kantor Polisi Kriminal Federal Jerman (BKA) secara rahasia membeli spyware Pegasus yang terkenal dari perusahaan Israel NSO pada 2019.

Hal ini terungkap Selasa (7/9/2021) dalam sebuah sidang parlemen.

Pemerintah federal memberikan informasi kepada Komisi Dalam Negeri di parlemen Jerman Bundestag tentang pembelian spyware itu dalam sesi tertutup, ujar sumber-sumber di parlemen.

Laporan pemerintah ini mengonfirmasi laporan sebelumnya dari media Jerman Die Zeit.

Baca Juga: Bukan Amerika, Taliban Nyatakan Siap Berhubungan Baik Dengan Semua Negara di Dunia 'Kecuali' Satu Negara Ini, Mana itu?

Pengungkapan pembelian spyware tersebut merupakan hasil investigasi bersama oleh Die Zeit serta harian Sueddeutsche Zeitung dan lembaga penyiaran publik NDR dan WDR.

Jika Jerman bakal menggunakan Pegasus, AS justru melakukan penyelidikan pada spyware tersebut.

Beberapa waktu lalu, NSO Group Israel dengan spyware Pegasus miliknya sedang dalam penyelidikan baru oleh AS.

NSO Group Technologies adalah perusahaan teknologi Israel yang spyware-nya disebut Pegasus memungkinkan pengawasan jarak jauh telepon pintar.

Baca Juga: Dimusuhi Satu Dunia, Taliban Sekuat Tenaga Cari Sekutu Lain Selain China, Sebut Mau Kerja Sama dengan Negara Manapun Termasuk Amerika, Hanya 1 Negara Ini yang Mereka Musuhi