Find Us On Social Media :

Inilah Primbon Jodoh Bulan Baik dan Tidak Baik untuk Adakan Hajatan Nikah Menurut Kitab Primbon Jawa

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 3 Agustus 2021 | 17:05 WIB

Ilustrasi weton jodoh

Intisari-Online.com – Meski semua bulan dianggap baik, tapi dari bulan-bulan dalam kalender Jawa dikenal adanya bulan yang dianggap baik dan dianggap tidak baik untuk melakukan suatu hajatan, terutama hajatan pernikahan.

Perlu diketahui pada bulan Jumadil Akhir, Rajab, Ruwah, dan Besar jika terdapat hari Selasa Kliwon maka akan sangat baik untuk melakukan pernikahan.

Jika pada bulan tersebut terdapat hari Jumat Kliwon maka juga sangat baik untuk melakukan hajat.

Namun, jika pada bulan-bulan itu tidak terdapat hari Selasa Kliwon maka Jumadil Akhir, Rajab, Ruwah, dan Besar itu termasuk hari yang tidak baik untuk hajatan.

Baca Juga: Inilah Ramalan Watak Seseorang dari Neptu Weton Lahir Menurut Perhitungan Beberapa Nabi Seperti dalam Kitab Primbon Jawa

Kalaupun sangat terpaksa maka hajatan bisa dilaksanakan pada bulan penggnti, seperti bulan Sapar, Rabiul Awal, Jumadil Awal, atau bulan Syawal.

Hal itu boleh dilaksanakan dengan syarat pada bulan-bulan pengganti itu terdapat hari Selasa Kliwon atau hari Jumat kliwon.

Berikut ini bulan baik dan tidak baik untuk hajatan, seperti dirangkum dari Buku Kitab Primbon Betaljemur Adammakna:

Baca Juga: Primbon Jodoh Perhitungan Kecocokan Suami Istri Berdasarkan Penjumlahan Neptu Weton Lahir dengan Pembagi 5 Menurut Kitab Primbon Jawa