Find Us On Social Media :

Kisah Ular Midgard: Makhluk Raksasa yang Mengikat Bumi dengan Badannya dan Memakan Ekornya Sendiri sebagai Simbol Kekal Tempat Permulaan dan Akhir Berlangsung Seterusnya

By Muflika Nur Fuaddah, Selasa, 11 Mei 2021 | 15:25 WIB

Kisah Ular Midgard

Intisari-Online.com - Jormungand, dalam mitologi Norse adalah ular jahat yang menyelimuti dunia, menggigit ekornya sendiri.

Jormungand (artinya "binatang besar") juga dikenal sebagai Ular Midgard, atau ular dunia, karena tubuhnya melingkari seluruh Bumi di bawah lautan, dan Bumi disebut Midgard dalam kosmologi Nordik.

Jormungand mungkin juga disorot dalam agama suku asli Jermanik, dan keberadaan mereka dibuktikan dalam catatan agama pra-Kristen dari berbagai cabang bangsa Jermanik.

Misalnya, orang Jerman kontinental menghubungkan gempa bumi dengan pergerakan ular di Abad Pertengahan.

Baca Juga: Jangan Lagi 'Ditelan Mentah-mentah', Pahami Mitos-mitos Mengenai Diabetes Berikut, Termasuk Ada Diabetes Kering dan Basah!

Jormungand adalah salah satu dari tiga keturunan raksasa Angerbotha dan dewa penipu Loki.

Saudara laki-laki Jormungand adalah serigala raksasa Fenrir, yang diikat oleh para dewa (menurut mitologi Ragnarok (akhir zaman), dia akan bertanggung jawab atas kematian penguasa Asgard di masa depan dan ayah para dewa, Odin), dan saudara perempuannya adalah dewi Hel, ratu dunia bawah.

Racun Jormungand sangat kuat dan ukurannya sangat besar.

Jadi, ayah para dewa, Odin, melemparkan ular itu ke laut, di mana pergerakannya bertanggung jawab atas badai dan tsunami yang mematikan.

Baca Juga: Weton Paling Sakti; Makna Mitos Gigi Gingsul Menurut Primbon Jawa