Find Us On Social Media :

Warga Perbatasan RI-Timor Leste Ramai-ramai Serahkan Senjata Kepada TNI, Ada Apa?

By Tatik Ariyani, Senin, 10 Mei 2021 | 12:56 WIB

Warga perbatasan Indonesia-Timor Leste serahkan senjata kepada TNI

Intisari-Online.com - Seorang pria berinisial I (20) menyerahkan sebuah granat senapan 40 milimeter buatan Belgia itu ke anggota TNI Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Indonesia-Timor Leste, Sektor Barat dari Batalyon Armed 6/3 Kostrad.

Ia merupakan warga Oepoli, Desa Netemnanu Utara, Kecamatan Amfoang Timur, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonarmed 6/3 Kostrad Letkol Arm Andang Radianto kepada Kompas.com, Kamis (6/5/2021), mengatakan, "Granat yang diserahkan I itu diduga berasal dari almarhum bapaknya. Dia serahkan kepada anggota Pos Oepoli Pantai Praka Yakobus Thomas Gambe saat melaksanakan anjangsana."

Berdasarkan pengakuan I, dirinya pernah melihat almarhum ayahnya menanam benda berupa pipa tabung yang belum diketahui isinya.

Baca Juga: Starbucks Coffee Company Jadi Pembeli Utama Kopi Timor, Seperti Apa Hubungan AS dengan Negara Timor Leste Selama Ini yang Kita Tidak Ketahui?

I masih anak-anak saat ayahnya menanam granat itu.

Andang mengatakan, "Ayahnya I, dulunya adalah mantan milisi (Pejuang Pro Integrasi dengan Indonesia) eks Timor Leste."

Penyerahan itu bermula saat I melaksanakan kebaktian di gereja Katholik St Maria Mater Dei Oepoli dan bertemu dengan anggota Pos Oepoli Pantai Praka Yakobus.

Setelah pulang gereja, keduanya berbincang-bincang dan I menyampaikan soal adanya granat yang dikubur dekat pekarangan rumah mereka.

Baca Juga: Seperti Apa Kekuatan Militer Timor Leste? Wilayah yang Pernah Jadi Ajang Adu Kekuatan Jepang dan Pasukan Sekutu hingga 'Dihajar' Invasi Indonesia