Find Us On Social Media :

Kisah Heroik Nusaibah Binti Ka'ab, Sang Perisai Rasulullah yang Langsung Beraksi dengan Pedang dan Busur di Tangan Saat Nyawa Nabi Muhammad Terancam dalam Perang Uhud

By Muflika Nur Fuaddah, Sabtu, 17 April 2021 | 10:13 WIB

Nusaibah Binti Ka'ab Al Maziniyyah

Intisari-Online.com - Nusaibah Binti Ka'ab Al Maziniyyah adalah salah satu orang yang memeluk Islam pada masa awal diturunkannya wahyu.

Tidak banyak yang diketahui tentang hidupnya sebelum Islam, tetapi ada banyak detail tentang hidupnya setelah dia memeluk Islam.

Dia tinggal di Madinah dan merupakan anggota suku Banu Najjar.

Berdasarkan garis keturunan, dia adalah saudara perempuan dari Abdullah bin Ka'ab dan ibu dari Abdullah dan Habib ibn Zayd al-Ansari.

Baca Juga: Perang Bani Nadhir, Kala Piagam Madinah yang Disusun Rasulullah Dikhianati Oleh Kaum Yahudi Guna Hancurkan Islam, Tapi Justru Kaum Yahudi Terusir Selamanya dari Madinah

Nusaibah mendapatkan reputasi sebagai wanita paling terhormat yang ambil bagian dalam Pertempuran Uhud.

Dia adalah salah satu dari dua wanita yang menyatakan minat untuk bersumpah Bayah atau kesetiaan mereka kepada Nabi dalam sumpah kedua di Aqaba.

Dia percaya bahwa seorang wanita memiliki tugas yang sama dalam mempertahankan agama baru seperti halnya seorang pria.

Ketika pertempuran dimulai, Nusaibah dan banyak wanita lainnya membawakan air untuk para pejuang yang kehausan dan merawat tentara yang terluka.

Baca Juga: Berperan Penting pada Masa-masa Awal Islam, Inilah Kota Asham yang Dijuluki 'Kota Emas' Kuno di Selatan Mekkah, Beginilah Kondisinya Sekarang