Find Us On Social Media :

Bersaing Sengit dengan Soviet Kirim Orang Pertama Meluncur ke Luar Angkasa, Inilah Alan Shepard, Orang Amerika Pertama yang 'Mengunjungi' Antariksa

By Khaerunisa, Selasa, 13 April 2021 | 19:40 WIB

Para Astrounout Mercury 7. (ilustrasi) Bersaing Sengit dengan Soviet Kirim Orang Pertama Meluncur ke Luar Angkasa, Inilah Alan Shepard, Orang Amerika Pertama yang 'Mengunjungi' Antariksa

Intisari-Online.com - Masa Perang Dingin salah satunya menjadi ajang 'Perlombaan Luar Angkasa' antara Uni Soviet dan Amerika Serikat.

Uni Soviet mengejutkan AS dengan meluncurkan Yuri Gagarin sebagai orang pertama yang pergi ke luar angkasa pada 12 April 1961.

Proyek rahasia Uni Soviet itu membuat AS yang telah bekerja dengan Proyek Merkury-nya 'kecolongan' start.

Beberapa minggu kemudian, tepatnya 5 Mei 1961, AS mencatatkan seorang kosmonot bernama Alan Shepard sebagai orang AS pertama yang 'mengunjungi' antariksa.

Baca Juga: Hanya 2 Tahun setelah Keberhasilan Yuri Gagarin, Uni Soviet Catatkan Sejarah Baru Kirim Wanita Pertama ke Luar Angkasa, Ini Sosoknya

Komandan Angkatan Laut Alan Bartlett Shepard Jr. diluncurkan ke luar angkasa dengan kapsul ruang angkasa Freedom 7 dari Cape Canaveral, Florida.

Bagaimanapun, penerbangan suborbital yang berlangsung selama 15 menit dan mencapai ketinggian 116 mil ke atmosfer itu merupakan prestasi gemilang bagi Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA).

NASA didirikan pada tahun 1958 untuk menjaga upaya luar angkasa AS mengikuti pencapaian Soviet yang sebelumnya meluncurkan satelit buatan pertama di dunia– Sputnik 1 –pada tahun 1957.

Pada akhir 1950-an dan awal 1960-an, kedua negara adidaya itu mulai berlomba untuk menjadi negara pertama untuk menempatkan manusia di luar angkasa dan mengembalikannya ke Bumi.