Find Us On Social Media :

Sejarah Timor Leste Pernah Dijajah Portugis Ratusan Tahun, Pengalaman Kocak Orang Timor Leste Ini Bukti Kentalnya Pengaruh Bangsa Portugis di Bumi Lorosae

By Khaerunisa, Senin, 22 Maret 2021 | 07:30 WIB

Pedagang aksesoris di Market Tais, di Timor Leste, Dili. (ilustrasi) Sejarah Timor Leste Pernah Dijajah Portugis Ratusan Tahun, Pengalaman Kocak Orang Timor Leste Ini Bukti Kentalnya Pengaruh Bangsa Portugis di Bumi Lorosae

Intisari-Online.com - Sejarah Timor Leste salah satunya pernah dijajah Portugis selama ratusan tahun.

Sempat diduduki Jepang hingga akhir Perang Dunia II, kemudian Timor Leste menjadi bagian dari wilayah Indonesia setelah invasi oleh Indonesia tahun 1975.

Dua puluh empat tahun berada di bawah kekuasaan Indonesia, Timor Leste baru merdeka tahun 1999 dan secara resmi kemerdekaannya diakui internasional tahun 2002.

Ada jejak Portugis yang kental di Timor Leste, juga jejak Indonesia di sana.

Baca Juga: Dokumen Rahasia AS Ungkap Bagaimana Pasukan Khusus Indonesia Kopassus Pernah Jalani Pelatihan Ini, Diyakini Beberapa dari Mereka Terlibat Pembantaian Timor Timur

Satu kisah unik tentang kentalnya pengaruh Bangsa Portugis di Timor Leste datang dari Akbar Nomadena, kontributor Majalah Intisari.

Dilansir dari Intisari Online (7/1/2018), Ceritanya, Akbar memiliki kakak sepupu yang asli berasal dari Timor Leste. Karena keluarga sang ibu berasal dari Los Palos, kota kecil di ujung Pulau Timor.

Sebelum Timor Leste (Timor Timur) berpisah dari Republik Indonesia, sang kakak sepupu tentunya juga merupakan Warga Negara Indonesia.

Ia bebas keluar masuk ke Timor Leste ke wilayah Indonesia seperti warga Nusa Tenggara Timur.