Find Us On Social Media :

Tahukah Anda, Petir Terganas di Bumi Ternyata Ada di Indonesia, Sampai Tercatat di Guinness Book of World Record

By Ade S, Kamis, 25 Februari 2021 | 16:20 WIB

Petir Vulkanik, saat Kilatan Halilintar Berada di Sekitar Gunung Api yang Sedang Meletus, Apa Penyebabnya?

 

Intisari-Online.com - Petir, yang belakangan kerap menggelegar seiring semakin dekatnya puncak musim hujan, ternyata membawa nama Indonesia secara khusus dalam rekor dunia.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa petir terganas yang ada di dunia ternyata sering mengunjungi Indonesia.

Catatan menakjubkan sekaligus mengerikan tersebut bahkan sudah tercatat secara resmi dalam Guinness Book of World Record.

Bahkan, mungkin tanpa disadari pembuatnya, kondisi ini sangat sesuai dengan nama dari area tempat petir terganas tersebut berada.

Baca Juga: Hanya Bisa Pasrah, Awalnya Hanya Nikahi 1 Suami, Wanita Ini Syok Usai Pernikahan Karena Diminta Layani 3 Orang

Dari hasil penelitian pada medio 2002 yang dilakukan oleh Prof. Dr. Ir. Dipl. Ing. Reynaldo Zoro dari Institut Teknologi Bandung, ternyata Depok memiliki petir yang paling ganas di dunia.

Bahkan rekor itu tercatat di Guinness Book of World Record.

Penelitian yang disponsori PLN Cabang Depok, pada bulan April, Mei, dan Juni 2002, dengan menggunakan teknologi lighting position and tracking system (LPATS), itu mendapati arus petir negatif berkekuatan 379,2 kA (kilo Ampere) dan petir positif mencapai 441,1 kA.

“Dengan kekuatan arus sebesar itu, petir mampu meratakan bangunan gedung yang terbuat dari beton sekalipun," kata Zoro kepada Warta Kota.

Baca Juga: Konon Petir Tidak Pernah Menyambar di Tempat yang Sama Dua Kali, Inilah Fakta-fakta Menarik tentang Perang Dunia Kedua