Find Us On Social Media :

‘Belum Ada Metode Aman Pembuangan Limbah Racun Mematikan dalam Sejarah Manusia’ Kisah Grace Thorpe, Seorang Atlet, Tentara Wanita Saat Perang Dunia II dan Aktivis Anti-Nuklir

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 23 Februari 2021 | 10:45 WIB

Grace Thorpe

Intisari-Online.com –Grace Thorpe, putri atlet terkenal Jim Thorpe, memiliki warisan luar biasa sebagai veteran dan juara masyarakat adat.

Jim Thorpe, salah satu atlet terbaik dunia, penampilannya dominan di pentathlon dan decathlon saat Olimpiade Musim Panas 1912, hingga karier profesionalnya, terutama di sepak bola dan bisbol.

Sementara Grace Thorpe, putrinya, bertugas selama Perang Dunia II dan menjadi hakim suku dan aktivits anti-nuklir.

Warisannya luar biasa sebagai pengurus hak-hak masyarakat adat dan lingkungan, dan untuk memperkuat status ayahnya sebagai orang Amerika terbesar di seluruh dunia atlet.

Baca Juga: Militernya Laksanakan Kudeta, Ternyata Beginilah Kekuatan Tatmadaw, Militer Myanmar yang Wajibkan Tugas Militer Bahkan untuk Wanita Juga

Dalam setahun terakhir, Museum Nasional Indian Amerika mendigitalkan kepemilikan dalam koleksi Grace F. Thorpe, disumbangkan oleh keluarga ke Museum pada tahun 2015.

Di dalamnya tidak hanya berisi dokumentasi terperinci, termasuk kliping surat kabar dan scrapbook dari masanya di Korps Tentara Wanita, baik di depan rumah maupun di teater Pasifik.

Juga berisi kenangannya akan  ayahnya dan foto-foto saat dia menjadi aktivis.

Grace lahir di Oklahoma sebagai anak bungsu dari empat bersaudara dari pasangan Jim Thorpe dan Iva Miller.

Baca Juga: Seorang Tentara Wanita Amerika Ditemukan Meninggal Secara Tidak Normal di Barak, Keluarganya Ungkapkan Fakta Mengerikan Ini Tentang Militer AS