Find Us On Social Media :

Pusaka Jawa Dipercaya Bisa Hilang dan Kembali dengan Sendirinya, Begini Ramalan Sultan Hamengku Buwono I tentang 5 Wayang dan Negara Ini

By Muflika Nur Fuaddah, Jumat, 12 Februari 2021 | 18:23 WIB

Ilustrasi wayang

Intisari-Online.com - Joseph Osdar, seorang kolumnis yang juga mantan wartawan harian Kompas, berbagi kisahnya saat mengunjungi makam para raja-raja Mataram di Kota Gede, Yogyakarta, pada Jumat 22 Januari 2021.

Seperti dilansir Kompas.com, berikut yang dia tuliskan:

Selama tiga tahun terakhir ini, saya sudah dua kali datang ke makam para raja Mataram di Yogyakarta tersebut.

Namun pada 7 Februari 2019 lalu, saya juga datang ke Imogiri selain ke Kota Gede.

Baca Juga: Padahal Hanya Arjuna yang Menang Sayembara dan Berhak Menikahinya, Mengapa Drupadi Berakhir Menikahi 5 Pandawa?

Waku itu, 7 Frebuari 2019, saya mengunjungi antara lain makam Sultan Agung, Sultan Hamengku Buwono I dan Hamengku Buwono IX. Dengan HB IX saya punya kenangan tersendiri.

Pada 1985, saya jumpa Sultan Hamengku Buwono (HB ) IX di sebuah ruang di sebuah rumahsakit di kawasan Rawamangun, Jakarta.

Ketika itu saya dan Wakil Presiden RI 1973 - 1978 itu sedang menjenguk pelukis S Sudjojono yang sedang sakit. HB IX dan Sudjono kini telah almarhum.

Sore itu Pak Jon (sapaan akrab Sudjojono) yang duduk bersila di tempat tidur dan HB IX, duduk di kursi, sedang berbincang-bincang.

Baca Juga: Mengapa Drupadi Punya Lima Suami Pandawa? Ini Kisah Sebenarnya Menurut Tradisi India