Find Us On Social Media :

Pemerintahan Myanmar Dijatuhkan hingga Dibekukan oleh Pasukan Militernya Sendiri, Aung San Suu Kyi Ternyata Sudah Bolak-balik Jadi Tahanan Rumah Selama 15 Tahun

By Mentari DP, Selasa, 2 Februari 2021 | 15:30 WIB

Pemimpin Demokrasi Myanmar, Aung San Suu Kyi.

Intisari-Online.com - Pada 1 Februari 2021, pemimpin National League for Democracy (NLD) Aung San Suu Kyi menjadi tahanan rumah.

Ini karena dia ditangkap oleh militer Myanmar.

Tahukah Anda bahwa itu bukan kali pertama Aung San Suu Kyi menjadi tahanan rumah?

Dilansir dari hrw.org pada Selasa (2/2/2021), putri tokoh kemerdekaan terkemuka Burma itu pernah menjadi tahanan rumah selama 15 tahun dalam 21 tahun terakhir.

Baca Juga: Dosa Aung San Suu Kyi, Biarkan Etnis Rohingya Jadi Korban Genosida hingga Masalah Pemilu, Buat Myanmar Jatuh di Bawah Kendali Militer, Tapi Justru Amerika yang 'Kepanasan'

Dia lalu dibebaskan dari tahanan rumah pada 13 November 2010.

Aung San Suu Kyi pertama kali ditangkap oleh pemerintah militer Burma pada tahun 1989 dan ditahan di bawah tahanan rumah sampai tahun 1995.

Dia lau ditempatkan sebagai tahanan rumah untuk kedua kalinya pada tahun 200o dan dibebaskan pada tahun 2002.

Junta militer, Dewan Perdamaian dan Pembangunan Negara (SPDC), menahannya untuk ketiga kalinya pada tahun 2003 setelah serangan terhadap konvoi saat bepergian di negara itu.

Perintah tahanan rumahnya diperpanjang satu tahun lagi pada Mei 2008, dan diharapkan akan diperpanjang lagi secara tidak sah pada Mei 2009.

Baca Juga: Ternyata Inilah Sosok Jenderal Militer yang Berani Gulingkan Pejabat hingga Pemimpin Myanmar yang Dianggap Lakukan Kecurangan Pemilu