Find Us On Social Media :

Siap Memasuki Era Perang Elektronik, AS Siapkan Kapal Perang Baru USS Constellation, Seperti Apa?

By Maymunah Nasution, Minggu, 17 Januari 2021 | 18:03 WIB

USS Constellation kapal perang baru AS

Intisari-online.com - Militer Amerika Serikat (AS) mungkin militer paling siap untuk saat ini.

Dikabarkan AS sedang siapkan kapal fregat baru.

Hal itu dilakukan Angkatan Laut (AL) AS yang menyiapkan seri kapal fregat baru dari kelas USS Constellation.

Dalam pertemuan dengan wartawan hari Jumat (8/1) lalu, Kepala Operasi Angkatan Laut Laksamana Michael Gilday mengatakan kelas Constellation akan menjadi acuan bagaimana Angkatan Laut merancang dan membangun kelas kapal perusak berikutnya, yang disebut DDG Next.

Baca Juga: Tahu Trump Tak Bisa Akses Militer Lagi, Iran Mendadak Tembakkan Rudal dan Luncurkan Kapal Perang Terbesar Mereka untuk Balas Dendam, Siap-siap Perang Dunia 3!

Dilansir dari Defense News, Gilday menyampaikan bahwa upaya pembuatan kapal fregat kelas Constellation merupakan proyek jangka panjang yang akan dikerjakan secara maksimal di sektor apapun.

"Ini harus merupakan upaya kelas dunia yang tepat waktu, sesuai anggaran, dengan kapasitas yang tepat, dengan kemampuan yang tepat sesuai kebutuhan," ungkap Gilday.

Disebutkan bahwa kapal ini akan menggunakan radar pertahanan udara dan rudal SPY-6 dari Flight II yang diperkecil. Rudal SPY-6 saat ini telah digunakan oleh sebagian besar armada kapal Angkatan Laut AS.

Ide di balik proyek DDG Next adalah membangun kapal di tengah segala sumber daya yang ada dan mampu digunakan untuk peperangan elektronik dan senjata laser masa depan.

Baca Juga: Dikira Menyerah dari China Karena Tinggalkan Perbatasan, Tiba-tiba Militer India Siap Gelar Uji Coba dengan Kapal Baru Rusia, Lokasi Ini yang Mereka Incar