China Modifikasi Jet Tempur J-20, Rupanya 'Si Naga Perkasa' J-20 Ini Penantang F-22 Milik Amerika, Punya Kecepatan Jelajah Supersonik dan Manuver Super

Tatik Ariyani

Penulis

Intisari-Online.com -China ingin memodifikasi mesin pada jet tempur siluman J-20.

China akan berhenti menggunakan mesin Rusia yang saat ini dipasang pada jet tempur siluman J-20 generasi baru China.

Kemudian China akan menggantinya dengan mesin yang dikembangkan dalam negeri.

Orang dalam militer mengatakan kepada South China Morning Post, insinyur pesawat China menemukan WS-10C buatan dalam negeri mereka, versi modifikasi dari mesin WS-10, sebaik mesin AL-31F Rusia.

Baca Juga: Kim Jong-Un Dapat Promosi Jabatan di Partai Buruh, Nama Adik Perempuannya Malah Dicoret dari Daftar Politbiro Partai Buruh, Mencurigakan!

Melansir Business Insider, Minggu (10/1/2021), orang dalam militer mengkonfirmasi bahwa prototipe J-20 baru ditenagai oleh dua mesin WS-10C.

Tetapi dia mengatakan bahwa mesin yang dimodifikasi tersebut tetap menjadi pilihan sementara untuk J-20.

"Penggunaan WS-10C untuk menggantikan mesin Rusia disebabkan oleh kegagalan WS-15 untuk lolos evaluasi akhir pada 2019," kata orang dalam itu.

"Angkatan udara tidak senang dengan hasil akhir, menuntut teknisi mesin memodifikasinya sampai memenuhi semua standar, misalnya menyesuaikan mesin F119 yang digunakan oleh F-22 Raptor Amerika."

Baca Juga: Tekankan Pentingnya Perawatan Mesin, Pengamat Menduga Elevator Sriwijaya Air Copot, Hanya Ada Waktu 2 Menit dan Pilot Pun Tak Bisa Berbuat Banyak

Kepala desainer pemain kuat di produksi jet tempur China CADI (Chengdu Aircraft Design Institute), Yang Wei, mengatakan J-20 adalah penantang yang lebih baik untuk melawan jet tempur AS.

Dia bilang, pesawat ini terinspirasi oleh teori-teori Amerika tentang pertempuran udara dan pengembangan jet.

Sang perancang juga mengatakan bahwa militer AS telah mampu mengembangkan jet tempur berbasis kapal induk dan memasukkannya ke dalam produksi massal dalam waktu kurang dari enam tahun.

“Jika kepemimpinan China memutuskan untuk menggunakan FC-31 sebagai platform untuk jet tempur berbasis-kapal induk, setidaknya akan butuh 10 tahun sebelum siap untuk penempatan penuh."

"Pada saat itu Amerika akan terlalu jauh untuk dikejar," kata seorang sumber kepadaSouth China Morning Post.

Sementara pengamat militer yang bermarkas di Beijing, Zhou Chenming mengatakan Yang ingin membuktikan bahwa J-20 bukan hanya pesawat tempur generasi kelima, tetapi bisa menjadi platform untuk "perangkat reaksi induksi canggih dan teknologi baru lainnya" yang mampu menargetkan kekurangan saingan mereka asal Amerika yakni Raptor F-22.

Baca Juga: Hampir Lakukan Misi Ala 'Kamikaze', Bunuh Diri Demi Tenggelamkan Kapal Induk Belanda Jika Hal Ini Tidak Terjadi, Begini Cerita Pasukan Khusus TNI AL dalam Operasi Pembebasan Irian Barat

Jet tempur generasi kelima menampilkan teknologi siluman, kecepatan jelajah supersonik, kemampuan manuver super, dan avionik yang sangat terintegrasi.

Zhou mengatakan bahwa di masa lalu, perancang pesawat China telah sangat dipengaruhi oleh pemikiran Rusia dan karena itu berfokus hampir secara eksklusif pada kemampuan tempur jet mereka.

Tetapi Yang, katanya, menekankan perlunya mempertimbangkan faktor-faktor lain juga.

"Karena pengaruh Rusia, desainer China mengabaikan hal-hal seperti sistem avionik dan senjata," kata Zhou.

"MiG-29 dari Rusia, misalnya, tidak memiliki peluang untuk bersaing dengan mitranya dari Amerika, multirole segala cuaca F-16," ungkap Zhou.

Baca Juga: Jadi Komponen Penting yang Harus Ketemu di Tiap Kecelakaan Pesawat, Ini Sederet Fakta Mengenai Black Box, Termasuk Warnanya yang Sama Sekali Tidak Hitam

Baik F-22 dan J-20 kemampuan terbang hingga ketinggian 20 km dan kecepatan maksimum lebih dari Mach 2 alias 2.470 km per jam alias lebih cepat dari kecepatan suara.

F-22 memiliki jarak yang relatif lebih pendek dengan radius tempur 800 km, sementara tangki bahan bakar internal J-20 yang besar dapat mempertahankan radius tempur yang lebih panjang yakni 1.100 km.

Salah satu kelemahan yang mungkin ada pada J-20 adalah bahwa ia jauh lebih berat daripada FC-31.

Sementara kapal induk terbaru China akan dilengkapi dengan sistem peluncuran katapel elektromagnetik, yang walaupun mengurangi waktu untuk tinggal landas, namun punya keterbatasan soal berat pesawat.

Dengan berat maksimum 25 ton, FC-31 memang 12 ton lebih ringan dari J-20 dan sekitar tiga meter (10 kaki) lebih pendek.

Baca Juga: Disebut 11 Menit Paling Krusial Saat Pesawat Lepas Landas, Inilah Critical Eleven Situasi Paling Kritis di Mana Kecelakaan Pesawat Bisa Terjadi

Artikel Terkait