Find Us On Social Media :

Indonesia Dikabarkan Diiming-imingi Rp 28 Triliun oleh Israel untuk Lakukan Ini, Pengamat: Pemerintah 'Bunuh Diri' Jika Sampai Terjadi

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 28 Desember 2020 | 08:28 WIB

Presiden Jokowi

Intisari-Online.com - Indonesia dikabarkan menjalin hubungan diplomatik dengan Israel dalam waktu dekat.

Terkait dengan pemeritaan itu, Kementerian Luar Negeri Indonesia pun membantahnya.

Dilansir dari Kompas.com, Rabu (16/12/2020), Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah menegaskan kepada BBC News Indonesia bahwa tidak ada kontak dengan Israel terkait masalah tersebut.

Laporan kemungkinan normalisasi hubungan Israel-Indonesia muncul setelah lima negara memutuskan membuka hubungan diplomatik dengan Israel.

Baca Juga: Selain Punya Militer Paling Lemah di Dunia, Ini Fakta-fakta Republik Afrika Tengah, Ternyata 'Negara Paling Lapar'!

Dalam beberapa bulan terakhir, Uni Emirat Arab ( UEA), Bahrain, Sudan, dan Maroko resmi menjalin hubungan dengan Israel.

Selain itu, Guru Besar Hukum Internasional dari Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwana menilai tidak akan mungkin pemerintah Indonesia membuka hubungan diplomatik dengan Israel, meski ada tawaran bantuan menggiurkan dari Amerika Serikat hingga senilai Rp 28 triliun.

Ia mengatakan, pemerintah sama saja melakukan bunuh diri jika sampai membuka hubungan diplomatik dengan Israel.

"Menurut saya bunuh diri pemerintah jika menerima tawaran itu," kata Hikmahanto saat dihubungi Kompas.com, Jumat (25/12/2020).

Baca Juga: Manfaat Pijat Refleksi, Memijat Kaki Sudah Pasti Sembuhkan Ini