Find Us On Social Media :

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Sedang Hamil, Dinikmati Saja!

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 9 Desember 2020 | 15:35 WIB

Cara mengatasi hidung tersumbat saat hamil.

Intisari-Online.com – Mungkin Anda berpikir hanya akan berurusan dengan morning sickness alias mual sepanjang hari, sakit punggung, peka terhadap bau, dan kelelahan, yang biasanya dialami saat trimester pertama kehamilan.

Setelah memasuki trimester kedua, maka Anda merasa akan lebih dimudahkan.

Wah, ternyata tidak secepat itu.

Meskipun benar bahwa mual di pagi hari mereda (bagi sebagian dari kita) dan kita dapat menangani begadang setelah jam 8 malam, namun gejala lain mulai muncul setelah wanita hamil melewati tanda 14 minggu.

Baca Juga: Meski Sama-sama Disertai dengan Demam, Jangan Sampai Salah Membedakan Gejala Pilek, Flu, dan Covid-19, Perhatikan Benar Perbedaan Gejalanya

Dan satu yang mungkin tidak Anda ketahui adalah hidung tersumbat, juga disebut rinitis kehamilan, yaitu hidung tersumbat atau tersumbat selama kehamilan.

Lantas, apa itu rinitis kehamilan?

Menurut Baby Center, hingga 30 persen wanita mengalami rinitis kehamilan, dan Whattoexpect.com bahkan mengutip satu penelitian yang mengklaim 65 persen wanita hamil mengalaminya.

Rinitis kehamilan disebabkan oleh perubahan hormonal selama kehamilan, membuat wanita merasa hidungnya tersumbat karena pilek, tetapi tanpa gejala lain, seperti sakit tenggorokan.

Baca Juga: Mengatasi Hidung Mampet dalam Waktu 15 Menit, Cukup dengan Pijat Bagian Ini!