Find Us On Social Media :

Susul UEA dan Bahrain Setelah Bayar Upeti Rp4,9 Triliun pada AS Agar Lepas dari Status Negara Teroris, Sudan Siap Normalisasi Hubungan dengan Israel

By Tatik Ariyani, Sabtu, 24 Oktober 2020 | 09:32 WIB

Donald Trump

Intisari-Online.comSudan akhirnya lepas dari daftar negara teroris setelah 'menyetor' 335 juta dollar AS (Rp 4,9 triliun) kepada Amerika Serikat, Selasa (20/10/2020).

Jumlah uang yang sangat besar mengingat negara tersebut tengah mengalami krisis yang sangat hebat.

Label sebagai negara teroris sendiri melekat pada Sudan selama 27 tahun, setelah negara itu dituduh melindungi tokoh teroris paling diburu di dunia.

Transfer uang oleh Sudan kepada AS telah menjadi kesepakatan kedua belah pihak, sebagai kompensasi kepada para korban dan keluarga mereka yang mendapatkan dampak serangan dari pasukan militan Sudan.

Baca Juga: Bagaikan Bola Salju yang Kian Membesar, Protes Warga Thailand Dikhawatirkan Oleh Pakar Mempengaruhi Posisi Thailand di Laut China Selatan, Bagaimana AS dan China Menghadapinya?

Sebagai gantinya, Sudan akan dihapus dari daftar negara teroris.

Setelah penghapusan itu, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo mengatakan pada Rabu (21/10/2020) bahwa dia berharap Sudan akan segera mengakui Israel ketika Washington menghapus negara Arab itu dari daftar negara sponsor teroris.

Presiden Amerika Serikat ( AS) Donald Trump mengumumkan bahwa Sudan dan Israel akan menormalisasi hubungan politik.

Hal itu disampaikan oleh Trump melalui sebuah pernyataan dari Ruang Oval di Gedung Putih pada Jumat (23/10/2020) sebagaimana dilansir dari CNN.

Baca Juga: Bukan Lagi Amerika atau Rusia, Putin Sebut Dua Negara Ini yang Bakal Jadi Negara Superpower, Salah Satunya Negara yang Sering Bikin Onar Ini