Find Us On Social Media :

Padahal Sudah Memohon dan Penuhi Persyaratan Tetapi Timor Leste Tak Kunjung Menjadi Anggota ASEAN, Ternyata Dikhawatirkan Menjadi Beban Keuangan, Ini Alasannya

By Afif Khoirul M, Kamis, 15 Oktober 2020 | 09:32 WIB

Timor Leste belum bergabung menjadi anggota ASEAN.

Intisari-online.com - Timor Leste pernah mengajukan diri sebagai anggota ASEAN tahun 2011, mereka juga telah menyetujui perjanjian persahabatan dan kerja sama.

Bahkan mendirikan kedutaan besar di semua negara anggota ASEAN.

Meski telah memenuhi persyaratan dasar  aksesi nyatanya negara tersebut, tak kunjung mendapat aksesi keanggotaan ASEAN.

Ambisi Timor Leste untuk bergabung dengan ASEAN cukup tinggi, namun banyak alasan mengapa negara tersebut tak kunjung di aksesi.

Baca Juga: Sudah Jatuh Tertimpa Tangga, Masalah Covid-19 Belum Tuntas, Kini Presiden Jokowi Ingatkan Sebagian Besar Wilayah Indonesia Bisa Alami Bencana Alam Ini

Selama bertahun-tahun perjuangan negara kecil itu menjadi perhatian utama komunitas internasional.

Timor Leste mati-matian bergabung anggota ASEAN, untuk mencari perlindungan perbatasan dari invasi dan kekuatan yang lebih kuat.

Negara kecil ini memiliki kendalan sumber daya manusia, dan keuangan, oleh sebab itu bergabung dengan ASEAN adalah pilihan terbaik bagi Timor Leste.

Secara ekonomi PDB Timor Leste sekitar 1.442 miliar dollar AS, jauh lebih rendah daripada Singapura, Filipina, Malaysia dan Indonesia.

Baca Juga: Covid Hari Ini 15 Oktober 2020: Indonesia Peringkat ke-19 Kasus Covid-19 Terbanyak di Dunia, Ada 53 Daerah Berstatus Zona Merah, Kota Anda Masuk?