Find Us On Social Media :

Pria Cerdas Lulusan Universitas Kim Il Sung yang Bergengsi Ini DIduga Jadi Mata-mata dan Selundupkan Chip ke Pedagang China, Apa yang Terjadi?

By Muflika Nur Fuaddah, Rabu, 14 Oktober 2020 | 16:58 WIB

Kim Jong-un

Intisari-Online.com - Seorang pria Korea Utara berusia 40-an dilaporkan sedang diselidiki oleh Kementerian Keamanan Negara karena menyerahkan analisis internal dari tempat kerjanya kepada seorang pedagang China.

Dilansir dari Daily NK, Rabu (14/10/20), analisis internal yang diberikan pria itu kepada pedagang, dilaporkan terkait teknologi yang digunakan untuk mengembangkan kosmetik gaya Korea Utara.

Ada spekulasi bahwa dia akan dikirim ke kamp penjara politik untuk spionase.

Sebuah sumber di Provinsi Pyongan Utara mengatakan kepada Daily NK pada hari Selasa bahwa pria itu "bekerja sebagai kepala departemen di pusat penelitian kosmetik di Pabrik Kosmetik Sinuiju" dan "ditangkap setelah dia menyerahkan teknologi pengembangan kosmetik kepada seorang pedagang China di Sinuiju."

Baca Juga: Digunakan untuk Kalahkan Nazi, Bom Terbesar dari Perang Dunia II Ditemukan, Saat Hendak Dijinakkan Justru Hal Mengerikan Ini Terjadi

Pria itu telah memberi pedagang China dua chip memori yang berisi data tentang teknologi dengan bantuan dari kepala pos penjaga patroli perbatasan, sumber, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan kepada Daily NK.

Dia ditangkap oleh Kementerian Keamanan Negara setelah rekan patroli perbatasannya menyerahkannya.

Menurut sumber itu, pria itu bertemu dengan kepala pos patroli perbatasan saat tinggal di rumah seorang kerabat di kota tepi pantai Yongchon.

Dia dilaporkan memberi tahu penjaga perbatasan bahwa "yang perlu Anda lakukan hanyalah menyerahkan surat kepada pedagang China pada waktu yang ditentukan saat Anda melakukan patroli di kapal Anda pada malam hari."

Baca Juga: Penguasa di Kedalaman Lautan, Inilah Kapal Selam Paling Mematikan di Dunia Milik Rusia yang Konon Bisa Menghancurkan Satu Negara, Apa Rahasianya?