Find Us On Social Media :

Semakin Berani Lawan China, Rupanya Taiwan Bakal Dikirimi AS 3 Senjata Canggih, Dipastikan Tiongkok Bakal Murka

By Tatik Ariyani, Selasa, 13 Oktober 2020 | 13:07 WIB

Pesawat tempur F-16

Intisari-Online.com - Perseteruan China dengan Taiwan masih berlangsung hingga kini.

Dengan dukungan dari AS, Taiwan semakin yakin untuk menyerang China jika merasa terancam.

Bentuk dukungan AS salah satunya adalah dengan kerjasama sistem persenjataan canggih dengan Taiwan.

Gedung Putih memperjelas dukungan persenjataannya kepada Taiwan dengan mengirimkan pemberitahuan tentang kesepakatan ke Kongres untuk persetujuan penjualan 3 senjata canggih, dalam beberapa hari terakhir ini.

Baca Juga: India Dilanda Perang Antar Geng Monyet, Renggut Nyawa 7 Manusia Dalam Tiga Bulan, Ini Kronologisnya!

Langkah menjelang pemilihan presiden 3 November di AS itu, seperti yang dilansir dari Reuters pada Senin (12/10/2020), kemungkinan besar akan membuat marah China, yang menganggap Taiwan sebagai provinsi bandel yang telah berjanji untuk bersatu kembali dengan China daratan, dengan kekerasan jika perlu.

Reuters menyampaikan berita pada September bahwa sebanyak 7 sistem senjata utama sedang dalam proses ekspor dari AS ketika pemerintahan Trump meningkatkan tekanan terhadap China.

Diminta tanggapan atas berita pada Senin, kedutaan besar China mendesak Washington dalam sebuah pernyataan email untuk menghentikan penjualan senjata dan hubungan militer dengan Taiwan.

"Jangan sampai itu akan sangat merugikan hubungan China-AS dan perdamaian dan stabilitas lintas-Selat," ujar otoritas China.

Baca Juga: Gelombang Aksi Unjuk Rasa Masih Terjadi, Ribuan Anggota Brimob dan TNI Didatangkan dari Daerah, Segenting Apa Kondisi Ibu Kota DKI Jakarta?