Find Us On Social Media :

Sempat Dirumorkan Indonesia Diincar Untuk Jadi Pangkalan Militer China, Ternyata Inilah Alasan Mengapa Indonesia Ternyata Sangat Bagus Menjadi Pangkalan Milliter China

By Afif Khoirul M, Minggu, 4 Oktober 2020 | 13:13 WIB

Pangkalan militer China yang dibangun cukup dekat dengan WIlayah Kedaulatan Indonesia.

Intisari-online.com - Pada bulan September lalu, sebuah rumor santer beredar Kementerian Pertahanan AS, mengatakan China sedang membidik Indonesia untuk dijadikan pangkalan militer.

"Sangat mungkin, dan sudah dipertimbangkan untuk merencanakan fasilitas logistik militer tambahan di luar negeri, untuk mendukung angkatan laut, udara, dan darat di wilayah tersebut," ungkap laporan itu.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menanggapinya dengan mengatakan, Indonesia tidak akan menjadi pangkalan militer China.

Hal itu sesuai dengan kebijakan luar negeri, yang melarang pihak manapun karena Indonesia sendiri saat ini memang bersifat netral.

 Baca Juga: Uni Eropa Menanas, Jermain Ingin Rusia Dihukum Atas Kasus Navalny yang Diracunin, Hubungan Moskow dan Sejumlah Negara Barat Pun Makin Buruk

Namun laporan AS itu dinilai tidak jelas, karena tidak merinci alasan China mengapa memilih Indonesia untuk dijadikan pangkalan militer.

Laporan itu juga dianggap tidak berdasar, dan asal bunyi saja.

Namun, dalam sebuah tulisan oleh Muhammad Zulfikar Rakhmat yang dimuat di situs The Conversation, mengungkap pendapat tentang gagasan tersebut.

Menurutnya, Indonesia ternyata memiliki potensi yang sangat bagus bagi China jika dijadikan pangkalan militer, di antaranya sebagai berikut.

Baca Juga: Ada Catatan Aneh Dibagikan, Kondisi Trump Setelah Positif Covid-19 Bocor, Disebut 'Sangat Mengkhawatirkan'