Find Us On Social Media :

Senapan 'Made in India' Jadi Prioritas, Apakah India Bersiap untuk Perang Dengan China?

By Muflika Nur Fuaddah, Kamis, 1 Oktober 2020 | 14:10 WIB

Ilustrasi

Intisari-Online.com - Minggu ini Angkatan Darat India mulai mengerahkan tank ke daerah depan dekat perbatasan termasuk sektor Chumar, Depsang dan Chushul untuk mengatasi segala ancaman dari Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA).

Media India melaporkan bahwa tank T-72 dan T-90, bersama dengan kendaraan tempur infanteri BMP-2, telah dikerahkan di sepanjang sektor Chumar-Demchok, yang akan sangat penting dalam pertahanan sektor Ladakh.

Dataran Depsang, yang terletak di ketinggian lebih dari lima belas ribu kaki, datar sehingga sangat cocok untuk tank.

Ini adalah titik kritis di mana tank India dapat mengancam Aksai Chin di bagian timur wilayah Kashmir yang lebih besar, dan yang tetap menjadi subjek perselisihan antara India dan China sejak perang perbatasan tahun 1962 antara kedua negara Asia tersebut.

Baca Juga: Sering Menyerang Duluan, Justru Kini Trump Berusaha Lerai Perang Armenia dan Azerbaijan, 'Amerika Serikat Akan Berusaha Menghentikan Perang Tersebut'

Musim Dingin Benar-benar Akan Datang

Militer India telah mengumumkan siap untuk tetap ditempatkan di pos-pos depan sepanjang musim dingin, dan tank serta kendaraan lapis baja Soviet / Rusia telah digambarkan mampu tetap beroperasi bahkan pada suhu minus 40 derajat Celcius.

Bahan bakar khusus yang tidak akan membeku dalam suhu di bawah nol digunakan dengan kendaraan.

Ladakh Timur, yang berada di ketinggian lebih dari 14.500 kaki, dikenal memiliki musim dingin yang paling keras di wilayah ini, dan suhu secara teratur turun hingga minus 35 derajat di malam hari selama musim dingin, ditambah dengan angin beku berkecepatan tinggi.

Baca Juga: Dianggap Hanya Pertempuran Negara Kecil Nyatanya Perang Armenia dan Azerbaijan Ternyata Sangat Mengerikan, Azerbaijan Mengaku Tewaskan 2.700 Tentara Dengan Senjata Ini