Find Us On Social Media :

Indonesia Hanya Ditunggangi, Ternyata Amerika Sebanarnya Ketakutan Setengah Mati hingga Perintahkan Indonesia Invasi Timor Leste Gara-gara Hal ini

By Khaerunisa, Rabu, 30 September 2020 | 15:55 WIB

Ilustrasi Timor Leste

Intisari-Online.com - Sejarah kelam terjalin antara Timor Leste dan Indonesia, sebuah invasi dilancarkan pemerintahan Soeharto terhadap Bumi Lorosae di tahun 1975.

Kemenangan Indonesia dalam invasi tersebut menjadikan Timor Leste atau Timor Timur sebagai bagian dari Indonesia, sekaligus menjadi peristiwa berdarah karena memakan banyak korban.

Dilakukan oleh pemerintahan Soeharto, namun terungkap melalui sebuah dokumen rahasia bagaimana peran Amerika Serikat dalam peristiwa tersebut.

Terungkapnya dokumen tersebut terjadi usai Timor Leste lepas dari Indonesia setelah 24 tahun diduduki.

Baca Juga: Jadi Buronan Timor Leste, Sosok Ini Bocorkan Ada Paham Komunis di Timor Leste, Bahkan Jadi Alasan Amerika Dukung Penuh Militer Indonesia Gempur Bumi Lorosae

Dokumen rahasia mengungkapkan kebungkaman resmi dan kebohongan yang dilakukan AS selama 26 tahun untuk menyangkal keterlibatan Presiden Ford dan Menteri Luar Negeri Henry Kissinger dalam keputusan yang dibuat Soeharto.

Pada akhirnya melalui dokumen tersebut, terungkap bagaimana Ford dan Kissinger bertanggungjawab atas kekejaman yang dilakukan oleh kediktatoran militer Indonesia terhadap Timor Leste.

Selain itu, bagaimana AS mengulur operasi tentara Indonesia terhadap Timor Leste untuk menutupi keterlibatannya.

Melansir wsws.org (19/12/2001), Dokumen rahasia diterbitkan oleh National Security Archive di George Washington University.