Find Us On Social Media :

Timor Leste Dikhawatirkan Bakal Kena Jebakan Utang China, Sengketa Berlarut-larut dengan Australia Justru yang Membuatnya Percaya Diri Mampu Hadapi Negeri Tirai Bambu

By Khaerunisa, Senin, 28 September 2020 | 13:09 WIB

ilustrasi Timor Leste

Intisari-Online.com - China kini menjadi satu-satunya harapan Timor Leste untuk melanjutkan impiannya membangun industri perminyakan dalam negeri.

Tasi Mane, menjadi megaproyek Timor Leste yang mencakup pembangunan bandara, jalan tol, kereta api, hingga kilang minyak.

Namun, Timor Leste masih berjuang mengumpulkan uang untuk mendanai proyek tersebut.

Perjuangan Timor Leste makin sulit dengan kini dihadapkan pada pandemi Covid-19.

Baca Juga: Timor Leste Makin Gelagapan, China Hanya Sudi Beri Pinjaman dengan Satu Syarat yang Justru Paling Ditakuti oleh Australia

Sementara pinjaman pada Negeri Tirai Bambu dikhawatirkan membuat Timor Leste masuk dalam jebakan utang China, seperti yang terjadi pada beberapa negara lain.

Terkait hubungan Timor Leste dengan China, Menteri Luar Negeri Timor Leste, Dionísio da Costa Babo Soares, pernah mengungkapkan kepercayaan diri atas hal itu saat masih menjabat.

Melansir Belt & Road News (25/9/2019), Dionísio da Costa Babo Soares dalam sebuah wawancara, memberikan tanggapan tentang orang-orang yang skeptis tentang hubungan Timor Lorosa'e dengan Tiongkok.

Ia mengatakan bahwa Timor Leste bukanlah 'negara baru yang rapuh' yang dapat dengan mudah diombang-ambingkan oleh orang lain.