Find Us On Social Media :

Pakistan Caplok Wilayah Sengketa di Kashmir yang Bisa Picu Perang dengan India, Apakah China Dalang di Balik Ini Semua?

By Muflika Nur Fuaddah, Minggu, 27 September 2020 | 10:05 WIB

Xi Jinping

Intisari-Online.com - Pemerintah Pakistan sedang menyelesaikan rencana untuk mencaplok wilayah Gilgit-Baltistan di Kashmir yang disengketakan sebagai bagian dari negaranya.

Tindakan ini mempertaruhkan pertarungan berisiko tinggi lainnya dengan India yang dapat menyebabkan perang.

Dilansir SCMP, Sabtu (26/9/2020), para analis mengatakan kepada This Week In Asia bahwa langkah Pakistan itu itu akan dilihat oleh India - serta Amerika Serikat - sebagai yang sangat dipengaruhi oleh China.

Sejak perdana menteri Pakistan Imran Khan mengunjungi Beijing Oktober lalu, China telah berulang kali mengangkat aneksasi Kashmir India di Dewan Keamanan PBB atas perintah Islamabad, membuat marah New Delhi.

Baca Juga: Pantas Banyak yang Mau Jadi Anggota TNI atau Cari Pasangan Prajurit, Ternyata Segini Banyak Tunjangan di Luar Gaji Pokok, Ada Tunjangan Beras hingga Lauk Pauk

Kemerosotan berikutnya dalam hubungan antara dua kekuatan terbesar di Asia kemudian berubah menjadi pertikaian militer di sepanjang perbatasan Ladakh yang disengketakan pada bulan Mei.

PERANG DUA FRONT

Langkah Pakistan untuk mengubah status Gilgit-Baltistan akan menambah kekhawatiran India bahwa mereka mungkin harus berperang di dataran tinggi, perang dua front melawan China dan Pakistan, kata para analis.

Kawasan ini juga memiliki kepentingan strategis utama bagi China.

Baca Juga: Covid Hari Ini 27 September 2020: Pasien Sembuh di Tanah Air Hampir 200.000 Orang, Tapi Nyaris 1 Juta Orang di Dunia Tewas Akibat Virus Corona