Find Us On Social Media :

Padahal Indonesia Kalah Telak Soal Cadangan Minyak dengan Timor Leste, Harusnya Jadi Kaya seperti Negeri Arab Timor Leste Malah Sengsara, Ternyata Ini Sebabnya

By Khaerunisa, Jumat, 25 September 2020 | 17:49 WIB

Ilustrasi Peta Timor Leste

Intisari-Online.com - Timor Leste terkenal akan kekayaan cadangan minyaknya.

Bahkan, Indonesia kalah dari Timor Leste soal kekayaan alam yang satu ini.

Minyak menjadi sumber pemasukan Timor Leste yang paling diandalkan hingga saat ini.

Namun, meski memiliki kekayaan minyak yang begitu melimpah, nyatanya Timor Leste masih menjadi negara paling miskin di dunia, alih-alih menjadi negara kaya seperti Negeri Arab.

Baca Juga: Sumber Keuangannya Amburadul, Timor Leste Diprediksi Akan Bangkrut Tahun 2027 Keuangan Negara Itu Disebut Bergantung Pada Akar yang Rapuh

Terkait kekayaan minyak di Timor Leste sendiri pernah menjadi sumber perselisihan dengan negara tetangganya, Australia.

Baru pada Maret 2018, Timor Leste dan Australia menandatangani perjanjian batas maritim bersejarah yang secara resmi mengakhiri perselisihan atas kepemilikan minyak multi dolar dan cadangan gas yang terkubur di Laut Timor.

Sayangnya, perjanjian tersebut tak kunjung disahkan berbulan-bulan setelahnya, membuat Australia terus menarik jutaan dolar per bulan dari ladang minyak tersebut.

Melansir dari Eureka Street (5/6/2019), Lima belas bulan sejak penandatanganannya, perjanjian tersebut tetap tidak diratifikasi atau disahkan, dan sebagai akibatnya Australia terus menarik jutaan dolar per bulan dari 10 persen bagian di bidang yang sepenuhnya dimiliki oleh Timor-Leste.