Find Us On Social Media :

Sementara Lebih dari 150 Negara Bergabung dengan Rencana Pengembangan Vaksin Covid-19 Global, AS dan China Justru Absen, Mengapa?

By Muflika Nur Fuaddah, Selasa, 22 September 2020 | 11:43 WIB

Covid Hari Ini

Intisari-Online.com - Sekitar 156 negara telah bergabung dengan skema global untuk distribusi yang adil dari vaksin masa depan melawan Covid-19.

Aliansi ini, yang dipimpin oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pada hari Senin, tetapi negara adidaya China dan Amerika Serikat tidak mendaftar.

Dilansir dari SCMP, Selasa (22/9), pemerintah Presiden AS Donald Trump telah mengamankan pasokan di masa depan melalui kesepakatan bilateral, yang memicu tuduhan perilaku egois yang merugikan negara-negara miskin.

China, tempat virus korona pertama kali dilaporkan, juga tidak ada dalam daftar 64 negara kaya yang bergabung dengan apa yang disebut rencana Covax untuk mengirimkan 2 miliar dosis vaksin ke seluruh dunia pada akhir 2021, dengan memprioritaskan petugas kesehatan dan mereka yang rentan.

Baca Juga: Jangan Sampai Tertukar dengan Gejala Virus Corona, Kenali Jenis Batuk pada Anak agar Penanganannya Lebih Efektif

Tetapi pejabat aliansi mengatakan dialog dilanjutkan dengan Beijing.

Skema tersebut akan mencakup sekitar dua pertiga dari populasi dunia, menurut aliansi vaksin WHO dan GAVI, yang menerbitkan daftar penandatangan setelah batas waktu untuk komitmen mengikat berakhir pada hari Jumat.

Lusinan vaksin sedang dalam pengujian untuk virus corona yang telah menginfeksi sekitar 31 juta orang di seluruh dunia dan membunuh hampir 1 juta, seperlima dari mereka di Amerika Serikat.

“Covax akan memberikan kepada dunia portofolio kandidat vaksin terbesar dan paling beragam,” Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan pada briefing virtual.

Baca Juga: Kebelet Punya Anak Laki-laki, Seorang Suami Tega 'Bongkar' Sendiri Perut Istrinya yang Hamil demi Pastikan Bayi Dalam Kandungannya Adalah Anak Laki-laki