Find Us On Social Media :

Berani Buka-bukaan Beli F-16 dari AS, Jadi Sebenarnya Taiwan Sudah Resmi Merdeka atau Masih Bagian dari China?

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 14 September 2020 | 18:09 WIB

Meriam Raksasa Militer Taiwan untuk Hantam Kapal Perang China

Intisari-Online.com - Taiwan menyelesaikan pembelian jet tempur F-16 dari produsen pesawat AS Lockheed Martin pada Jumat (14/8/2020).

Mulanya, Pentagon menyatakan kontrak tersebut adalah bagian dari pesanan 90 unit jet tempur F-16.

Agar tidak menyinggung sensitivitas pembeli, Pentagon hanya menyebutkan kontrak tanpa menyebutkan pembeli.

Namun seorang sumber mengonfirmasi kepada AFP bahwa salah satu pembeli F-16 tersebut adalah Taiwan.

Baca Juga: Waktu Kecil Sosoknya Sangat Kondang Sampai Terkenal ke Penjuru Dunia, Setelah Dewasa Pemeran Boboho Ini Ternyata Bernasib Nelangsa, Terjerat Utang dan Hidup Pas-pasan

Ada banyak kontroversi seputar pertanyaan apakah Taiwan merupakan negara merdeka?

Dilansir dari Thoughtco.com, Taiwan berkembang menjadi kekuatan modern setelah kemenangan Komunis di daratan pada tahun 1949.

Dua juta Nasionalis Tiongkok melarikan diri ke Taiwan dan membentuk pemerintahan untuk seluruh Tiongkok di pulau itu. Sejak saat itu, hingga tahun 1971, Taiwan diakui sebagai "China" oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Posisi China Daratan di Taiwan adalah bahwa hanya ada satu China dan Taiwan adalah bagian dari China; Republik Rakyat Cina sedang menunggu penyatuan kembali pulau dan daratan.

Baca Juga: Anaknya Ditinggalkan di Sekolah TK, Dikira Aman-aman Saja Sang Ibu Syok Bukan Main Setelah Lihat CCTV Tahu Gurunya Malakukan Hal Tak Terduga Ini Pada Murid-Muridnya