Find Us On Social Media :

Meski Ancaman Sanksi dari Uni Eropa Menghantui, Turki Tetap Nekat Lakukan Latihan Militer di Lepas Pantai Siprus, Mediterania Timur Makin Panas

By Tatik Ariyani, Minggu, 13 September 2020 | 16:26 WIB

Ilustrasi tentara

Intisari-Online.com - Latihan angkatan laut Turki di lepas pantai Republik Siprus dikutuk oleh negara itu.

Siprus juga menyebut latihan tersebut sebagai kegiatan yang ilegal.

Hal itu disampaikan Republik Siprus menjelang kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat ( AS) Mike Pompeo.

Pompeo sedianya akan berkunjung ke negara tersebut untuk membahas ketegangan yang meningkat di Mediterania sebagaimana dilansir dari AFP, Sabtu (12/9/2020).

Baca Juga: Manfaat Kesehatannya Selangit, Ketumbar Justru Masih Punya Efek Samping Tak Terduga untuk Tubuh

Turki berselisih dengan Yunani dan Republik Siprus atas klaim sumber daya minyak bumi lepas pantai dan pengaruh angkatan laut sehingga memicu kekhawatiran akan adanya konflik.

Dalam pesan di NAVTEX, sistem teleks navigasi maritim internasional, Turki memberitahukan pada Jumat (11/9/2020) tentang adanya latihan penembakan meriam di lepas pantai Sadrazamkoy, Siprus Utara.

Sebagai tanggapan, Pusat Koordinasi Penyelamatan Bersama Republik Siprus - yang juga dilampirkan kepada Kementerian Pertahanan Republik Siprus - menyebut langkah Turki tersebut ilegal pada Jumat malam waktu setempat.

Itu karena mereka menganggap latihan itu melanggar kedaulatan dan hak berdaulat Republik Siprus.

Baca Juga: Diklaim Terkuat di Asia, Iran Ternyata Punya 5 Senjata Andalan yang Sangat Menakutkan, Inilah yang Buat Amerika Serikat Ragu-ragu Berperang dengan Negara Teluk Ini