Find Us On Social Media :

Banyak Negara Kecil Kena Jebakan Utang China, Indonesia yang Juga Berutang Banyak ke China Masih Bisa Aman dari Jebakan Utang China, Dengan Melakukan Cara Ini

By Afif Khoirul M, Kamis, 27 Agustus 2020 | 14:42 WIB

Presiden Jokowi berbincang dengan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol, Danang Parikesit usai mendengarkan penjelasan progres pengerjaan pembangunan jalan tol trans sumatera saat peresmian jalan tol ruas Sigli-Banda Aceh Seksi 4 (Indrapuri-Blang Bintang), Selasa (25/8/20).

Intisari-online.com - Banyak negara-negara di seluruh dunia membutuhkan suntikan dana dan investasi untuk melakukan pembangunan.

Salah satu negara yang menyediakan pinjaman adalah China, negara tersebut menawarkan pinjaman ke negara manapun termasuk Indonesia.

Melansir Intpolicydigest.org, Indonesia telah menandatangani 23 proyek kolaboratif dala skema Belt and Road Initiative (BRI) meliputi, Sumatera Utara, Kalimantan Utara, Maluku dan Bali.

Proyek itu termasuk pembangunan infrastruktur dan pendukung, sementara itu berutang dengan China dianggap mengkhawatirkan.

Baca Juga: Bukan Main! Kalau AS Sampai Berani Batasi Impor 'Onderdil' Ini ke China, China Akan Langsung Balas Dengan Jadikan Ekspor Obat Sebagai Senjata, Bagai Pertandingan Bandit!

Pasalnya China dikenal memiliki skema Belt and Road Initiative (BRI), yang merupakan strategi pembangunan global China untuk menciptakan jalur sutera.

Proyek ini telah melibatkan setidaknya 20 negara di seluruh dunia, dan telah memfasilitasi secara komersial, pada negara-negara peserta.

China memberikan investasi berupa pinjaman dana untuk pembangunan infrastruktur dan transportasi pada negara yang membutuhkan.

Setelah negara tersebut tak sanggup membayar utang tersebut, China akan mengambil alih proyek itu.

Baca Juga: Lawan Militer Kuat di Eropa, Turki Tak Punya Sekutu, Ternyata Prancis Diam-diam Tinggalkan Turki dan Gabung Latihan Militer Yunani, Italia, dan Siprus, 'Endorgan Bakal Murka'