Find Us On Social Media :

Peduli Tubuhmu; 6 Tanda Tubuh Kekurangan Kalium, Termasuk Otot Kram

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 14 Agustus 2020 | 19:10 WIB

Makanan tinggi kalium untuk penderita hipokalemia.

Intisari-Online.com – Ketika Anda memikirkan nutrisi pembangkit tenaga listrik yang dibutuhkan tubuh Anda, pikiran Anda mungkin tidak melompat ke kalium, tetapi seharusnya.

Mayoritas kalium dalam tubuh Anda tergantung di sel Anda, di mana ia membantu saraf dan otot Anda berkomunikasi, mengangkut nutrisi lain, menjaga ginjal Anda berfungsi dengan baik, dan menghentikan kadar natrium Anda melonjak terlalu tinggi.

Anda seharusnya mudah mendapatkan cukup kalium jika Anda makan banyak buah dan sayuran, tetapi "sayangnya banyak orang tidak makan cukup makanan utuh dan tidak diproses,  jenis yang tinggi kalium," jelas Ginger Hultin, MS, RDN, CSO, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics.

Penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan orang hanya mendapatkan sekitar setengah dari 4.700 miligram potasium yang mereka butuhkan dalam sehari, tambahnya.

Baca Juga: Peduli Tubuhmu; Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D dan Cara Mengatasinya

Faktanya, Pedoman Diet AS terbaru mencantumkan kalium sebagai "nutrisi yang menjadi perhatian kesehatan masyarakat" karena alasan ini, menurut National Institutes of Health (NIH).

“Salah satu alasan seseorang kekurangan kalium adalah jika mereka tidak mendapatkan cukup dari makanan,” jelas Hultin.

Namun, ini mungkin hanya membuat Anda mendapatkan asupan yang tidak memadai daripada kekurangan sebenarnya, yang juga dikenal sebagai hipokalemia. Hipokalemia ringan dapat menyebabkan sembelit, kelemahan otot, dan kelelahan, kata NIH.

Tetapi bila defisiensi menjadi parah, begitu pula gejalanya. Kekurangan kalium sebenarnya mematikan.

Baca Juga: Peduli Tubuhmu; 10 Tanda Peringatan Tubuh Terlalu Banyak Berolahraga