Find Us On Social Media :

Berang Hubungan AS dan Taiwan Makin Mesra, China: Mereka yang Bermain Api Akan Terbakar

By Tatik Ariyani, Jumat, 14 Agustus 2020 | 08:52 WIB

Presiden China Xi Jinping

Berang Hubungan AS dan Taiwan Makin Mesra, China: Mereka yang Bermain Api Akan Terbakar

Intisari-Online.com - Sementara hubungan China dan Taiwan makin buruk, hubungan Amerika Serikat dengan Taiwan justru semakin mesra saja.

Tak diragukan lagi, tentu China berang dengan hubungan keduanya tersebut.

Juru bicara kementerian luar negeri China Zhao Lijian pada hari Rabu (12/8/2020) mengatakan, China dengan tegas menentang setiap interaksi resmi antara Amerika Serikat dan Taiwan dengan dalih apa pun.

"Mereka yang bermain api akan terbakar," kata Zhao seperti yang dilansir Xinhua.

Dia juga mendesak agar warga Amerika tertentu untuk tidak memiliki ilusi tentang masalah-masalah yang menyangkut kepentingan utama China.

Baca Juga: Muak Disiksa Saat Bekerja di Kapal China dan 7 Bulan Tak Digaji, ABK Kapal China Nekat Melarikan Diri Berenang Arungi Selat Malaka

Xinhua memberitakan, Zhao membuat pernyataan pada konferensi pers ketika diminta untuk memberikan komentar tentang Menteri Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS Alex Azar, yang mengatakan selama kunjungannya ke Taiwan bahwa China memilih untuk tidak memperingatkan dunia tentang Covid-19 dan mengkhianati semangat kerja sama yang dibutuhkan untuk kesehatan global.

Zhao mengatakan, China telah menanggulangi epidemi Covid-19 secara terbuka, transparan, dan bertanggung jawab, dengan sungguh-sungguh melaksanakan tugas dan kewajibannya di bawah Peraturan Kesehatan Internasional, serta secara aktif melakukan kerja sama pencegahan dan pengendalian internasional.

"Fokus pada penyelamatan hidup rakyat Amerika, bukan pertunjukan politik, adalah apa yang harus dilakukan pejabat kesehatan Amerika sekarang," kata Zhao.

Di tengah hubungan yang memburuk antara Washington dan Beijing, pemerintahan Donald Trump telah memprioritaskan penguatan dukungannya terhadap pulau demokrasi itu, dan meningkatkan penjualan senjata ke Taiwan.

Baca Juga: Bergerak Ajak Negara Lain Bendung Kekuatan China, AS sebut China saat Ini Lebih Berbahaya dibanding Uni Soviet saat Perang Dingin, Apa Alasannya?