Find Us On Social Media :

Bikin Israel 'Sakit Kepala,' Mantan Kepala Mossad Cemaskan Mesranya Hubungan China-Iran dari Berbagi Intelijen hingga Bangun Proyek 25 Tahun ke Depan Ini

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 3 Agustus 2020 | 15:38 WIB

Angkatan Darat Israel didirikan dari kelompok paramiliter Zionis

Intisari-Online.com - Mantan Kepala Mossad, Danny Yatom, mengungkapkan kekhawatirannya atas kian mesranya hubungan China-Iran.

Perjanjian ekonomi dan militer Teheran dan Beijing pekan lalu menimbulkan kecemasan di Israel, karena uang yang akan mengalir ke Iran akan menstabilkan ekonomi negeri itu.

Pada akhirnya, menurut Danny Yatom, bakal meningkatkan kapasitas Republik Islam Iran menantang keamanan kaum Yahudi Israel.

Pendapat dan analisis Danny Yatom itu dikutip media Rusia, Sputniknews.com, Rabu (29/7/2020). Pemerintah Iran telah berulang membuat retorika, tekanan asing takkan membuat Iran bertekuk lutur.

Baca Juga: Di Balik 150 Tahun Misteri Terbesar Yahudi, Makam Kuno dari Pemberontak Pembersih 'Kenajisan' Itu Akhirnya Terbongkar di Sekitar Yerusalem

“Sanksi ekonomi AS, sekeras apapun, tidak akan bisa membuat Iran bertekuk lutut,” kata Presiden Iran, Hassan Rouhani, Sabtu pekan lalu.

Ia menambahkan, solidaritas rakyatnya akan membantu bangsa Iran mengatasi langkah-langkah keras yang diberlakukan Gedung Putih.

Kesepakatan baru China-Iran berpotensi segera mangalirkan miliaran dolar dana ke ekonomi Iran. Langkah ini akan memulihkan Iran yang didera virus corona, dan berdampak sangat dalam.

Berdasar kesepakatan bisnis itu, Iran dalam jangka panjang akan mengekspor minyak ke China. Sekurangnya untuk jangka waktu 25 tahun ke depan menggunakan harga diskon.

Baca Juga: Baru Bangun Tidur dan Lihat Istri Hendak Berangkat Kerja, Suami Ini Minta Rp20.000 Tak Dikasih, Nyawa Istri Melayang Seketika