Find Us On Social Media :

Terkenal Superior di Kawasan Timur Tengah, Justru Militer Israel Kewalahan dan Tak Berdaya dalam Peperangan Ini, 'Jadi Pukulan Telak Bagi Kesombongan Mereka'

By Mentari DP, Sabtu, 1 Agustus 2020 | 13:55 WIB

Ilustrasi militer Israel.

Intisari-Online.com - Bicara soal kekuatan militer di dunia, tentu militer Israel tidak bisa ketinggalan.

Sebab, negara ini dikenal sebagai kekuatan militer yang sulit dikalahkan.

Khususnya ketika peperangan melawan negara-negara Arab.

Tapi sesungguhnya imej militer Israel yang selalu unggul dalam peperangan itu tidak sepenuhnya benar.

Baca Juga: Ingin Buat Gentar Lawan, China Pamerkan Mesin-mesin Perang Baru Mereka di Laut, Darat, dan Udara, Ada Pesawat Pengebom Jarak Jauh, Tank, hingga Rudal Siluman

Meskipun berhasil memenangkan pertempuran dalam Perang Enam Hari (Six Day War) yang berlangsung pada 5-11 Juni 1967 dan Yom Kippur (Oktober 1973), sejumlah operasi militer Israel pernah mengalami kegagalan dan kesalahan strategi militer serta intelijennya.

Kemenangan Israel dalam Perang Enam Hari tidak menyurutkan perlawanan dari pihak Mesir dan pejuang Palestina yang terus melancarkan serangan gerilya.

Secara diam-diam, pasukan Mesir dan Suriah bahkan mempelajari bagaimana cara Israel memenangkan perang dan strategi yang dipelajari itu kemudian diterapkan dalam Perang Yom Kippur serta terbukti sukses.

Baca Juga: Sedang Terlibat Konflik Panas di Sejumlah Titik, Tiba-tiba 8 Prajurit AS Hilang, 2 Terluka, dan 1 Tewas, Apa yang Terjadi?