Find Us On Social Media :

Bukannya Gentar Lawan Pasukan Elit Paling ditakuti Dunia, Kala Kopassus Gempur Malaysia, Satu Tentara Inggris Justru Dibuat Mati di Hutan Kalimantan Gara-gara Hal Ini

By Afif Khoirul M, Selasa, 28 Juli 2020 | 15:46 WIB

Ilustrasi Kopassus

Intisari-online.com - Bukannya Gentar Lawan Pasukan Elit Paling ditakuti Dunia, Kala Kopassus Gempur Malaysia, Satu Tentara Inggris Justru Dibuat  Mati di Hutan Kalimantan Gara-gara Hal Ini.

Pasukan Indonesia memang tak bisa dipandang sebelah mata, hal itu terbukti dari beberapa kali membuat pasukan elit dunia mengakuinya.

Kopassus (Komando Pasukan Khusu) TNI AD, menjdi pasukan elit yang patut dibanggakan.

Seperti misalnya misi Kopassus di Kalimantan pada 1964, yang dimuat dalam majalah Intisari.

Antara tahun 1961-1966, ketika konfrontasi antara Indonesia-Malaysia terjadi, hingga memicu konflik bersenjata di perbatasan baik berupa penyusupan pasukan gerilya dan reguler.

Presiden Soekarno mengumandangkan untuk menggempur Malaysia dalam rapat raksasa di Jakarta 3 Mei 1954.

Baca Juga: Keberadaannya Misterius dan Hampir Tidak Ada yang Tahu, Inilah 'Pasukan Harimau' Elit Militer Penjaga Terakhir Soekarno

Presiden Soekarno mengumumkan peruntah Dwi Komando Rakyat (Dwikora).

Poin pertama adalah pentiggi ketahanan revolusi Indonesia, kedua adalah perjuangan revolusioner rakyat Malaya, Singapura, Serawak dan Sabah untuk menghancurkan Malaysia.

Komando tempur Dwikora dipercayakan pada Panglima Angkatan Udara Laksamana Madya Omar Dhani, yang mempersiapkan operasi militer terhadap Malaysia.

Sebagai panglima KOGA, Omar Dhani bertanggung jawab kepada panglima Tertinggi ABRI/KOTI, Presiden Soekarno.

Baca Juga: Bikin Pentagon Ketakutan, TNI dengan Mudah 'Lumpuhkan' Pasukan AS dengan 'Ilmu Hantu,' dari Debus Tenaga Dalam hingga Kebatinan Sampai Buat Jenderal AS Melongo