Find Us On Social Media :

Taktik Gerilya Antarkan Kim Il-sung Menang Lawan Jepang, Ini 5 Tokoh Ahli Perang Gerilya Paling Tersohor di Dunia, Ada Juga dari Indonesia!

By Khaerunisa, Minggu, 26 Juli 2020 | 17:13 WIB

(Ilustrasi) Perang

Taktik Gerilya Antarkan Kim Il-sung Menang Lawan Jepang, Ini 5 Tokoh Ahli Perang Gerilya Paling Tersohor di Dunia, Ada Juga dari Indonesia!

Intisari-Online.com - Taktik gerilya merupakan taktik yang diyakini sangat efektif dilakukan saat jumlah pasukan yang dimiliki tak sebanding dengan lawan.

 

Taktik perang yang satu ini tentu sudah tak asing di telinga masyarakat Indonesia.

Pasalnya banyak diterapkan oleh para pejuang pada zaman penjajahan, seperti saat melawan pasukan Belanda yang datang dengan pasukan dan perlengkapan komplit.

Taktik geriliya sendiri dilakukan dengan sembunyi-sembunyi, penuh kecepatan untuk membuat kerusakan sebanyak mungkin pada pihak musuh.

Baca Juga: Menilik Gaya Militer Turki Utsmani di Balik Perang Jawa Pimpinan Pangeran Diponegoro, Perang Lima Tahun yang Nyaris Buat Belanda Lenyapkan Keraton Yogyakarta

Membuka kembali catatan sejarah, perang dengan taktik geriliya juga dilakukan pejuang-pejuang Indonesia pada zaman merebut kemerdekaan.

Perang geriliya dipilih mengingat pejuang Indonesia bersenjatakan seadanya harus melawan pasukan penjajah dengan perlengkapan komplit.

Hasilnya para pejuang harus putar otak menghadapi peperangan tak seimbang ini maka terciptalah taktik gerilya.

 Terhitung taktik Perang Gerilya amat manjur dalam peperangan yang sangat tidak berimbang hingga melahirkan lima tokoh militer yang mahfum akan strategi perang ini.