Find Us On Social Media :

Akhirnya China 'Menyerah' Bikin Gara-gara dengan India, Foto Satelit Ungkap Tiongkok Tarik Pasukannya dari Perbatasan dengan India, Sudah Damai?

By Tatik Ariyani, Rabu, 8 Juli 2020 | 19:11 WIB

Ilustrasi India vs China

Akhirnya China 'Menyerah' Bikin Gara-gara dengan India, Foto Satelit Ungkap Tiongkok Tarik Pasukannya dari Perbatasan dengan India, Sudah Damai?

Intisari-Online.com - Pertarungan yang terjadi di Lembah Galwan di Ladakh, wilayah yang masih disengketakan kedua negara, pada Senin (15/06) lalu mengakibatkan sedikitnya 20 tentara India tewas.

China belum mengakui adanya korban jiwa dari pihaknya, namun laporan yang tak dapat dikonfirmasi oleh media di India menyebutkan sedikitnya 40 tentara China tewas dalam pertempuran tersebut.

Tentara dari dua kubu dilaporkan bertarung dengan tongkat besi dan pentungan, tanpa senjata api. Masing-masing pihak saling menyalahkan terkait pemicu bentrokan.

Sejak itu, hubungan kedua negara semakin memanas.

Baca Juga: Peduli Tubuhmu Tanda Awal Tubuh Kekurangan Mineral, Sangat Kelelahan!

Terlebih ketika citra satelit menunjukkan China telah membangun struktur baru di dekat lokasi bentrokan perbatasan Himalaya.

Bunker, tenda, dan unit penyimpanan untuk perangkat keras militer terlihat di daerah tersebut, padahal bulan lalu tidak ada.

Gambar-gambar terbaru tersebut diterbitkan ketika kedua pihak (India dan China) mengadakan pembicaraan untuk meredakan ketegangan.

Gambar satelit, tertanggal 22 Juni, berasal dari perusahaan teknologi luar angkasa Maxar.

Baca Juga: Hanya Dibungkus Plastik Hitam, Ratusan Mayat Pasien Covid-19 Dibiarkan Menumpuk di Jalan-jalan, Petugas Mengaku Kewalahan, 'Kami Tidak Memiliki Kapasitas Lagi'