Find Us On Social Media :

Tidak Cukup 18 Negara, China Masih Saja Menambah Daftar 'Musuh', Kali Ini Keluarkan Ancaman untuk Kanada, Apa Penyebabnya?

By Khaerunisa, Selasa, 7 Juli 2020 | 16:33 WIB

(ilustrasi) China

Tidak Cukup 18 Negara, China Masih Saja Menambah Daftar 'Musuh', Kali Ini Keluarkan Ancaman untuk Kanada, Apa Penyebabnya?

Intisari-Online.com - Hubungan China dan beberapa negara lain tengah memanas belakangan.

Salah satunya karena klaim China atas Laut China Selatan. Undang-undang Keamanan Nasional China juga menjadi penyebab lainnya.

Sudah banyak negara yang menjadi 'musuh' China. Setidaknya sebanyak 18 negara, namun daftar tersebut rupanya masih terus bertambah.

China kembali memperkeruh suasana perdamaian dengan menambah jumlah negara yang dimusuhi, Kali ini, China menggertak Kanada.

Baca Juga: Pantas Gencar Tingkatkan Kekuatan Militer, China Punya 18 'Musuh' Gara-gara Ributkan Wilayah Kekuasaan, India Hanya Salah Satunya Saja

China mengeluarkan travel warning untuk Kanada pada Senin (6/7/2020). China juga mengancam hubungan bilateral kedua negara dapat memburuk.

Gertakan ini merupakan buntut kebijakan Kanada yang menangguhkan perjanjian ekstradisi dengan Hong Kong dan menghentikan ekspor perlengkapan militer ke sana.

Senada dengan Kanada, negara-negara Barat lainnya juga kompak menyuarakan keprihatinan tentang dampak UU Keamanan Nasional di Hong Kong yang berpengaruh kepada hak-hak istimewa kota tersebut.

"China dengan keras mengecam ini dan menyatakan haknya untuk membuat tanggapan lebih lanjut." kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian pada pertemuan rutin.