Find Us On Social Media :

Covid Bermula Sejak Desember 2019? Salah Besar! Ilmuwan Ungkap Rupanya Penyakit Baru nan Aneh Ini Sudah Ada di Spanyol Sejak Awal 2019

By Maymunah Nasution, Minggu, 28 Juni 2020 | 12:59 WIB

Ilustrasi virus corona.

Intisari-online.com - Dugaan mengenai munculnya Covid-19 sejak Desember 2019 di China mungkin bisa pupus akibat temuan ilmuwan ini.

Seorang ahli virologi Spanyol telah tunjukkan jejak virus Corona dalam sampel air limbah Barcelona.

Air limbah itu dikumpulkan pada Maret 2019 silam.

Penemuan genom virus yang sangat awal di Spanyol itu mungkin akan mengindikasikan bahwa Covid-19 telah muncul jauh lebih awal dari yang diperkirakan oleh komunitas ilmiah.

Baca Juga: Memang Dasar Negara Biang Keladi, Tidak Hanya India dan Indonesia, China Rupanya Punya Masalah Tak Kunjung Selesai Dengan 16 Negara Ini, Penyebabnya Bikin Geleng Kepala

Tim peneliti dari Barcelona University yang telah menguji air limbah sejak pertengahan April tahun ini guna mengidentifikasi potensi wabah baru, memutuskan untuk melakukan tes juga pada sampel yang lebih tua.

Dikutip dari Reuters, Sabtu (27/6/2020), para peneliti menemukan virus itu muncul di Barcelona pada 15 Januari 2020 atau 41 hari sebelum laporan kasus pertama.

Mereka kemudian menguji sampel yang diambil antara Januari 2018 dan Desember 2019.

Hasilnya, peneliti menemukan keberadaan genom virus di salah satu dari sampel yang dikumpulkan pada 12 Maret 2019.

Baca Juga: Menyerah dengan Kebandelan Raffi Ahmad yang Terus Kerja dari Pagi hingga Pagi Lagi, Nagita Slavina Gunakan Trik Lain, Peduli Kesehatan Banget!