Find Us On Social Media :

Obat Penurun Panas pada Bayi yang Umum Diberikan, Perhatikan Dosisnya!

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 3 Juni 2020 | 16:20 WIB

Obat penurun panas pada bayi.

Intisari-Online.com – Seperti yang diketahui orang tua, hampir tidak ada yang lebih menakutkan daripada demam panas pertama bayi Anda.

Ternyata “fobia demam” agak dapat dibenarkan: suhu lebih dari 38 derajat Celcius dapat menyebabkan infeksi yang mengancam jiwa (seperti meningitis bakteri dan pneumonia) pada bayi baru lahir yang berusia kurang dari 3 bulan.

Tapi jangan panik!

Dengan langkah-langkah yang tepat, tidak mungkin demam bayi baru lahir akan menyebabkan komplikasi. Inilah yang harus dilakukan ketika bayi Anda demam.

Baca Juga: Obat Penurun Panas Anak-anak, Termasuk Mandikan dengan Air Hangat

Penyebab panas pada bayi

"Penyebab paling umum dari demam adalah infeksi dari virus atau bakteri," seperti pilek, flu, infeksi telinga, dan radang tenggorokan, kata Anne Tran, M.D., seorang rumah sakit anak di Kaiser Permanente di Hawaii.

Percaya atau tidak, mengembangkan demam sebenarnya bermanfaat dalam kasus-kasus ini, karena itu membuktikan bahwa sistem kekebalan bayi Anda bekerja dengan baik untuk melawan infeksi.

Tran mengatakan bahwa imunisasi tertentu juga dapat menyebabkan demam sementara selama 48 jam, yang merupakan respons normal terhadap vaksinasi.

Baca Juga: 9 Obat Penurun Panas Tradisional yang Terlupakan, dari Bawang Merah hingga Kunyit, Semak Selengkapnya dan Buktikan Sendiri Khasiatnya!