Find Us On Social Media :

Tanggapi AS yang Targetkan Negaranya dalam Beberapa Isu, China Kembangkan Rudal Nuklir Bawah Laut Terbaru yang Jangkauannya Bisa Sampai AS

By Tatik Ariyani, Rabu, 13 Mei 2020 | 08:32 WIB

Presiden China Xi Jinping

Intisari-Online.com - Di tengah ketegangannya dengan AS, China tengah menguji rudal nuklir bawah laut terbaru bernama JL-3.

Senjata ini tengah diuji oleh angkatan laut China.

Dilansir dari South China Morning Post, pasukan roket dari Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) sedang mengembangkan generasi ketiga roket bawah laut alias SLBM JL-3, dengan jangkauan lebih dari 12.000 km atau sekitar 7.450 mil.

Dengan begitu, senjata ini memungkinkan China untuk membidik Amerika Serikat jika rudal tersebut diluncurkan dari pantai China.

Baca Juga: Situasi Pasifik Selatan Makin Panas, Indonesia Kutuk Perlakuan 'Tidak Manusiawi' China dan AS Langsung Berlayar Lakukan Operasi Tempur

China sendiri telah melakukan beberapa uji terbang pada 2018 dan 2019.

Sebelumnya pendahulu rudal ini, JL-2, yang memiliki jangkauan 7.400 km, dipasangkan pada kapal selam nuklir Tipe 094A untuk patroli operasional pada tahun 2015.

Hal ini menandakan bahwa Tiongkok akhirnya memiliki kemampuan nuklir berbasis laut yang kredibel.

Pengamat militer China mengatakan tes rudal ini sebagai tanggapan terhadap Presiden AS Donald Trump yang menargetkan China dalam beberapa isu.

Baca Juga: Padahal Belum Pernah Bertemu, Nenek Ini Ngotot Ingin Nikahi Pembunuh Kejam yang Akan Dieksekusi