Find Us On Social Media :

Kembali Memanas, Iran Tidak Ragu Lakukan Tindakan Menghancurkan Jika Amerika Berani Lanjutkan Hal Merugikan Ini...

By Maymunah Nasution, Kamis, 7 Mei 2020 | 09:28 WIB

(Kiri) Presiden Iran Hassan Rouhani, (Kanan) Presiden AS Donald Trump

Intisari-online.com - Hubungan Amerika dan Iran kembali memanas.

Melansir Kontan.co.id, Presiden Iran Hassan Rouhani mengancam akan melakukan "respons yang menghancurkan" jika Amerika melanjutkan rencananya.

Rencana yang dimaksud adalah memperpanjang embargo perdagangan senjata konvensional Iran, yang akan dicabut PBB tahun ini.

Di bawah kesepakatan Iran dengan kekuatan dunia untuk membatasi program nuklirnya dengan imbalan pencabutan sanksi, embargo senjata akan berakhir pada Oktober nanti.

Baca Juga: Orang Gemuk Disebut Lebih Rentan terhadap Virus Corona, Para Ilmuwan Menemukan Alasannya hingga Meyakini Obat Ini Bisa Digunakan untuk Covid-19

Tapi, AS, yang keluar dari kesepakatan pada 2018, mengatakan, ingin memperpanjang embargo.

Mengutip Reuters, dalam pidatonya pada Rabu (6/5), Rouhani mengulangi kecaman Iran atas keputusan Washington yang keluar dari perjanjian nuklir, yang dia sebut sebagai "kesalahan bodoh".

"Jika Amerika ingin kembali ke kesepakatan, mereka harus mencabut semua sanksi terhadap Teheran dan membatalkan penerapan kembali sanksi," kata Rouhani.

"Iran akan memberikan tanggapan yang menghancurkan jika embargo senjata Teheran diperpanjang".

Baca Juga: Sering Dipandang Sebelah Mata, Wanita Tuna Susila Justru Diakui Soekarno Berjasa Besar dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia, Seperti Apa?