Find Us On Social Media :

Peduli Tubuhmu: Tanda Tubuh Kekurangan Gula, dari Kepala Pening Hingga Berkeringat Bahkan Hingga Mengalami Ini

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 22 April 2020 | 20:00 WIB

Ilustrasi pusing

Intisari-Online.com – "Gula darah rendah" adalah salah satu istilah yang kita semua pernah dengar di mana-mana tetapi mungkin tidak tahu banyak tentang itu.

Tapi bagaimana Anda tahu jika gejala Anda disebabkan oleh gula darah rendah atau jika Anda lekas marah karena gantungan tua yang biasa?

Gula darah rendah atau hipoglikemia, terjadi ketika kadar glukosa dalam darah Anda turun di bawah normal, menurut National Institutes of Health.

Tubuh kita membutuhkan glukosaa untuk bahan bakar, mempertahankan aliran glukosa darah yang stabil sangat penting untuk menjaga fungsi tubuh.

Orang-orang yang paling berisiko untuk hipoglikemia adalah mereka yang menderita diabetes, terutama orang-orang yang minum obat untuk diabetes mereka yang menurunkan gula darah mereka (termasuk insulin).

Kondisi langka lainnya, termasuk defisiensi hormon, gangguan hati dan ginjal, dan tumor pankreas, dapat menyebabkan hipoglikemia.

Orang dewasa yang sehat juga dapat mengalami gula darah rendah jika mereka berpuasa atau berolahraga setelah tidak makan.

Jadi tidak mungkin Anda memiliki tanda-tanda gula darah rendah tanpa diabetes.

Serangan hipoglikemik sejati adalah situasi serius dan tanda peringatan bahwa ada sesuatu yang tidak beres.

Tanda dan gejala tubuh kekurangan gula

Tanda-tanda peringatan dini cenderung tidak spesifik, seperti dilansir dari Self, yang berarti bahwa mereka dapat mengindikasikan seseorang dengan gula darah tinggi atau rendah atau mungkin karena sesuatu yang sama sekali berbeda.

Tetapi jika salah satu dari gejala-gejala berikut mengkhawatirkan, hubungi dokter Anda.