Find Us On Social Media :

Satuan Bravo 90, Pasukan Khusus TNII AU yang Tidak Hanya Mahir Menggilas Serangan Teror di Udara tapi Juga di Darat dan Lautan

By Agustinus Winardi, Senin, 30 April 2018 | 18:00 WIB

Intisari-Online.com - TNI AU, selain memiliki pasukan elite yang dinamai Pasukan Khas (Paskhas), juga memiliki ‘pasukan lebih khusus’ yang dinamai Satuan Bravo 90, yang anggotanya terdiri sejumlah personel Paskhas pilihan.

Meski terbentuknya Satbravo 90 masih terhitung muda dilingkungan pasukan khusus TNI, yakni di tahun 1990, bukan berarti Bravo 90 jauh dari mumpuni.

Semua ketrampilan layaknya pasukan khusus, yakni kemampuan bertempur tiga matra (darat, laut, dan udara) sudah dikuasai secara matang.

Tapi karena Satuan Bravo 90 merupakan pasukan khusus spesialiasasi pertempuran di udara, kelebihannya dibandingkan pasukan khusus lainnya adalah kemampuan mengoperasikan pangkalan udara termasuk bandara komersil, dan memahami seluk beluk beragam pesawat.

Sama seperti satuan lain TNI, operasi Sat Bravo 90 langsung di bawah Panglima TNI.

Baca juga: Denjaka, Pasukan Khusus TNI AL yang Misterius dan Sering Bikin Gentar Navy Seal AS

Tapi untuk misi-misi khusus di  lingkup TNI, mereka  bisa di-BKO-kan kepada Kepala Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI yang sekarang dinamai Badan Intelijen Negara (BIN).

Namun untuk misi di tingkat matra, langsung di bawah Komandan Korpaskhas. Saat ini personel Sat Bravo 90 diduga mendekati angka lebih dari 300 orang dan bermarkas di daerah Rumpin, Bogor, Jawa Barat.

Semua personel Sat Bravo merupakan prajurit pilihan dan umumnya mendapatkan pendidikan komando hingga dua kali.

Secara umum memang ada dua tingkatan rekrutmen personel Bravo 90, yakni pendidikan komando dan pasca komando.

Yang pertama adalah titik penentu apakah seorang personel layak diikutkan dalam seleksi prajurit Bravo 90.

Baca juga: Demi Lawan Teror, Pasukan Khusus Ini Harus Selalu Siap Bertempur Meski Komandannya Berganti

Standar yang digunakan hingga saat ini adalah setiap lulusan sekolah komando yang masuk ranking 1-20, dinyatakan wajib mengikuti tes Bravo.