Find Us On Social Media :

Tumben Absen dari Acara Penting, Apakah Kim Jong Un Punya Masalah Dengan Kesehatan?

By Maymunah Nasution, Minggu, 19 April 2020 | 13:06 WIB

Kim Jong Un.

Intisari-online.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un diketahui tidak menghadiri sebuah acara peringatan yang sangat penting di negeri tersebut pada pekan ini.

Analis menilai, ketidakhadiran Kim Jong Un dari acara peringatan penting tersebut menghidupkan kembali spekulasi tentang masalah kesehatannya yang potensial.

Reuters melaporkan, Korea Utara pada Rabu lalu (15/4) memperingati hari ulang tahun pendiri nasional dan kakek Kim, Kim Il Sung, sebagai hari libur nasional yang dikenal sebagai Hari Matahari.

Pejabat senior memberikan penghormatan kepada mayat Kim Il Sung yang diabadikan di Istana Matahari Kumsusan, media pemerintah Korea Utara KCNA melaporkan Kamis (16/4).

Baca Juga: Kantong Jenazah Habis, Pekerja Kamar Mayat Ini Gunakan Seprai pada 80% Jenazah Pasien Virus Corona, 'Ada Berton-ton Darah dan Kotoran'

KCNA tidak menyebut Kim Jong Un sebagai bagian dari delegasi dalam acara tersebut, tidak seperti di masa lalu.

Kim juga absen dari foto yang dirilis juru bicara partai Rodong Sinmun.

Ketidakhadirannya memicu spekulasi di antara para ahli bahwa Kim, yang saat ini berusia 36 tahun dan kelebihan berat badan, mungkin memiliki masalah kesehatan.

Seorang juru bicara Kementerian Unifikasi Seoul, yang menangani urusan Korea Utara, mengatakan pada Kamis (16/4), pihaknya mengetahui bahwa media pemerintah tidak melaporkan kunjungan Kim tetapi menolak memberikan analisis apa pun.

Baca Juga: Fakta-fakta Pasien Covid-19 di Jawa Timur yang Meninggal setelah Dinyatakan Sembuh, Mudik dari Jakarta Jadi Awal 'Petaka'